Barang China Taobao.com

Mengenal Taobao Indonesia, Marketplace China Milik Alibaba Group

Sering dengar brand fashion bernama Taobao di Indonesia berseliweran? Apa itu Taobao Indonesia? Memiliki harga yang murah dengan kualitas baik, jangan kaget jika Taobao ini ternyata marketplace berasal dari China.

Kamu bisa menemukan banyak produk fashion seperti sepatu, tas, baju, dan lainnya. Produk yang ditawarkan juga up to date, kualitas baik, dan harga yang terjangkau. Maka tak heran jika banyak pelanggan mancanegara, termasuk Indonesia yang membeli produk Taobao langsung dari negara asalnya.

Dengan membeli langsung di negara asalnya yakni dari China, maka kamu bisa mendapatkan harga lebih murah lagi. Namun, dengan catatan harus membeli dalam jumlah skala besar, agar tidak tumpang tindih dengan harga ongkos kirimnya.

Baca Juga: Cara Belanja di Aliexpress Pakai Rupiah via Bank Lokal hingga Alfamart

Taobao bisa jadi salah satu pilihan dari banyak marketplace terbaik di China, di mana kamu juga bisa membeli dari Taobao Indonesia. Nah, buat kamu yang masih bingung apa itu Taobao Indonesia, yuk simak informasi tentang Taobao Indonesia berikut ini.

Sekilas Tentang Taobao Indonesia

Tentang Taobao Indonesia
globaltimes.cn

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Taobao adalah nama dari sebuah marketplace asal China. Lantas, apa itu Taobao Indonesia? Apakah marketplace China Taobao yang beroperasi di Indonesia?

Sama seperti marketplace lokal terpopuler (Tokopedia, Lazada, Bukalapak), yang beroperasi di Indonesia. Taobao juga menjadi marketplace lokal terpopuler yang ada di China.

Didirikan pada 2003 silam oleh Alibaba Group, membuat Taobao menjadi salah satu perusahaan terbesar di China, selain Alibaba itu sendiri.

Karena berasal dari China, maka penggunaan bahasa di situsnya adalah Bahasa Mandarin. Namun tidak hanya masalah bahasa, sistem dan metode pembayarannya pun dikenal rumit. Sehingga, membuat pelanggan dari negara lain seperti Indonesia sering mengalami kesulitan.

Baca Juga: Catat! Istilah Umum Untuk Para Importir

Para pemula saja mungkin akan bingung ketika menggunakan marketplace pertama kali, apalagi dengan bahasa yang tidak dimengerti? Sehingga, jika ada orang Indonesia yang belanja di Taobao, mungkin akan merasa kebingungan juga akan bahasa dan metode pembayarannya.

Meski rumit, namun Taobao tetap menjadi salah satu marketplace China yang menyediakan produk berkualitas baik, dan harga murah. Sehingga, banyak pelanggan Indonesia yang membelinya untuk dijual kembali, dengan harga lebih tinggi.

Nah, untuk menjawab masalah kendala bahasa dan metode pembayaran, maka dibuatlah Taobao Indonesia. Apa itu Taobao Indonesia?

Bisa membantu semua proses belanja para pelanggan di Indonesia, Taobao Indonesia adalah agen atau jasa yang bisa membantu pelanggan Indonesia, mulai dari melakukan pendaftaran, pemesanan, pembayaran, hingga pengiriman barang.

Sehingga, buat kamu yang tidak bisa Bahasa Mandarin, maka kamu akan dibantu semua prosesnya oleh tim Taobao Indonesia. Tak kalah lengkap dengan Alibaba atau AliExpress, Taobao juga bisa melayani pembelian barang dalam jumlah banyak atau sedikit (eceran).

Sejarah Taobao Indonesia

Sejarah Taobao Indonesia
source: kompas.com

Jika dilihat dari bentuknya, jenisnya, hingga fungsinya Taobao juga sama seperti marketplace lainnya yang sudah ada yaitu eBay, Rakuten dan Amazon.

Pertama kali didirikan oleh perusahaan besar Alibaba Group di tahun 2003, namun seiring berjalannya waktu, Taobao terus melakukan banyak pengembangan dan kemajuan yang disesuaikan dengan majunya teknologi.

Tidak hanya Taobao.com, CEO Alibaba sendiri menyatakan kini Taobao dibagi menjadi tiga perusahaan yang berbeda, hingga pada 2011. Tiga perusahaan tersebut diantaranya adalah eTao, Taobao Mall dan juga Taobao Marketplace.

Waktu terus berjalan dari tahun ke tahun, dan saat menginjak tahun 2013, setidaknya sudah ada sekitar 760 miliar produk yang terdaftar di situs Taobao.

Bahkan, perlu kamu ketahui bahwa berdasarkan pantauan data dari Alexa.com, Taobao Marketplace sendiri merupakan satu dari 20 halaman website marketplace di dunia, yang paling banyak dikunjungi.

Baik baru atau bekas, penjual di Taobao bisa memposting dan menjualnya, dengan harga tetap atau bahkan harga lelang. Akan tetapi, mayoritas barang yang dijual adala barang-barang baru, namun dengan penawaran harga yang tetap murah dan terjangkau.

Namun, jika kamu mau coba beli barang lelang dan bekas, juga tetap bisa dan banyak tersedia, namun persentasenya lebih kecil ketimbang penjualan barang baru.

Agar kamu tidak tertipu seller abal, ada baiknya cek latar belakang penjual, review, rating, komentar hingga komplain yang diberikan pembeli.

Cara Mudah Belanja di Taobao

Cara Mudah Belanja di Taobao

Bagaimana? Sudah mulai tertarik untuk belanja di marketplace Taobao asal China ini? Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jika kamu ingin belanja di Taobao, tidak perlu memikirkan kendala bahasa dan metode pembayarannya, yang rumit.

Lantas, bagaimana kamu bisa belanja di Taobao, jika tidak menguasai Bahasa Mandarin dan tidak memiliki kartu debit atau kredit?

Baca Juga: Cara Belanja di Alibaba Indonesia Mudah & Bisa Pakai Rupiah

Setelah kamu mengetahui apa itu Taobao Indonesia beserta sejarahnya, kamu perlu tahu juga bahwa kamu bisa melakukan beberapa cara belanja mudah di Taobao, seperti berikut ini.

Menggunakan Jasa Forwarder

Jasa Forwarder Terbaik

Jika kamu sudah tau apa itu taobao Indonesia, dan ingin coba membeli lewat agen Taobao Indonesia, kamu bisa melakukan pembelanjaan menggunakan jasa forwarder.

Maksud dari forwarder sendiri, adalah calo, atau pihak yang bisa mempermudah proses belanja kamu di situs luar negeri seperti Taobao.

Nah, di sini Taobao Indonesia bisa diibaratkan sebagai calo-nya, karena Taobao Indonesia merupakan agen yang akan membantu mempermudah proses belanja produk yang ingin kamu beli nantinya.

Bukan sembarang calo, agen seperti Taobao Indonesia ini tentunya sudah memiliki izin resmi. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir terkait perizinan barang yang akan masuk ke Indonesia nantinya. Pasalnya, banyak kejadian barang tertahan, karena tidak membayar pajak dan dianggap ilegal.

Nah, daripada kamu mengalami masalah tersebut, lebih baik gunakan layanan jasa forwarder, mulai dari bantu melakukan pemesanan barang, pembayaran, hingga pengiriman dengan mudah dan nyaman, serta proses pembayaran yang transparan dan terjamin, seperti Titipbeliin.com.

Titipbeliin.com merupakan platform yang menyediakan layanan jasa titip barang impor, dari berbagai marketplace terbaik di dunia. Kamu bisa bisa beli berbagai produk dari marketplace seperti Taobao, Alibaba, 1688, bahkan Amazon hingga eBay, dengan mudah tanpa repot urus semua prosesnya.

Jadi, jika kamu ingin belanja produk China di marketplace selain Taobao Indonesia melalui agen, kamu bisa belanja di marketplace China lainnya, yang mungkin lebih lengkap, dan murah, dengan bantuan Titipbeliin.com.

Terlebih, untuk melakukan pengurusan pajak, pengiriman ke gudang luar negeri dan lainnya, cukup repot dilakukan sendiri, khususnya untuk para pemula. Jadi, kamu bisa serahkan semua ke Titipbeliin.com, kamu tinggal terima beres deh!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.