Istilah umum para importir ini penting untuk kamu catat. Dalam kegiatan ekspor dan impor atau pengiriman dan penerimaan barang dari luar negeri kamu membutuhkan jasa freight forwarder. Jika kamu sering melakukan kegiatan ekspor impor tentunya akan ada beberapa istilah yang terdengar asing ditelinga kamu, utamanya bagi kamu yang baru mulai bergerak dalam bisnis bidang ekspor impor ini. Jangan sampai salah ya dalam mengartikan istilah yang digunakan ini, jika tidak ingin pengiriman kamu mengalami kendala. Impor sendiri adalah kegiatan melakukan pengiriman barang dari luar negara asal menuju Indonesia dalam hal ini, Karenanya jika kamu melakukan kegiatan ekspor impor tidak adalahnya mengenal beberapa istilah yang kerap muncul dalam kegiatan ekspor dan impor. Dalam kesempatan ini mintips ingin share beberapa istilah yang sering muncul tersebut utamanya dalam platform titipkirimin.

FOB (Free On Board)

ini berarti kamu mendapatkan penawaran harga barang hanya sampai barang kamu keatas kapal, belum termasuk biaya pengiriman kapal.

Custom Clearance

Ini adalah proses pemeriksaan dokumen kepabeanan, perhitungan total pajak, dan pengeluaran barang dari Negara tujuan kiriman barang tersebut.

CNF (Cost dan Freight)

Ini berarti kamu mendapatkan penawaran harga hanya mencangkup harga barang dan pengiriman barang.

CIF (Cost, Insurance, and Freight)

Ini berarti kamu mendapatkan penawaran harga yang mencangkup harga barang, biaya kapal/pengiriman, dan asuransi.

OFR (Ocean Freight Rate)

Ini adalah tarif dasar untuk ongkos pengiriman jalur laut. Umumnya harga yang tertera adalah per cubic meter atau kubikasi. Cara menghitung kubikasi juga ditentukan berdasarkan P x L x T / 6000 atau berdasarkan berat aktual dari barangnya.

AFR (Air Freight Rate)

Ini adalah tarif dasar untuk ongkos pengiriman jalur udara dan umumnya satuan yang digunakan adalah kilogram atau pounds (lbs)

FCL (Full Container Loaded)

Jika melakukan pengiriman via laut kamu akan akrab dengan istilah inim FCL artinya pengiriman barang sama dengan satu kontainer penuh (dalam kisaran 20 metrik tons untuk ukuran 40ft atau 10 Metrik tons untuk ukuran 20ft kontainer).

LCL (Less Container Loaded)

Istilah yang digunakan dimana jumlah barang dalam pengiriman tidak mencapai satu kontainer full, sehingga biasanya dalam satu kontainer terdiri dari banyak pengirim.

PIB (Pemberitahuan Impor Barang)

Ini adalah dokumen pemberitahuan dari pihak importir kepada pemerintah dalam hal ini bea cukai atas barang yang di impor.

Notul

Merupakan suatu kondisi saat barang tidak dapat dikeluarkan karena dokumen tidak valid, pemutihan, ditemukan pemalsuan dokumen, atau adanya perubahan invoice. Umumnya dari pihak bea masuk menjadi tinggi, dan umumnya terkena biaya sewa gudang di pelabuhan ketika barang tidak dikeluarkan.

HS Code (Harmonized System Code)

Ini merupakan tanda pengenal barang atau digunakan untuk mengidentifikasi suatu klasifikasi barang. HS Code ini berupa angka-angka yang memudahkan untuk mengenali produk secara detail.

Volumetrix

Ini merupakan istilah untuk perbandingan antara berat real atau aktual suatu barang kiriman dengan berat hasil perkalian dari dimensi barang kiriman. Volumetrik biasanya juga bisa disebut sebagai barang ringan makan tempat, nantinya yang akan tercatat adalah yang terberat.

AWB (Air Way Bill)

Ini merupakan bukti pengiriman barang jika melalui jalur udara. Pada AWB biasanya digunakan untuk mengidentifikasi barang dan terdapat barcode untuk melacak posisi barang.

BL (Bill of Lading)

Ini merupakan bukti pengiriman barang jika melalui jalur laut. Umumnya digunakan untuk mengidentifikasi barang dan terdapat barcode untuk melacak posisi barang melalui jalur laut.

Commercial Invoice

Istilah untuk sebuah dokumen yang diperlukan untuk barang yang terkena bea saat sampai pada Negara tujuan. Digunakan untuk menjadi dasar perhitungan pajak oleh pihak bea cukai.

API (Angka Pengenal Importir)

Izin atau identitas importer karena setiap impor hanya bisa dilakukan oleh importir yang memiliki API. API terdiri atas API Umum dan API Terbatas.

Konsolidasi

Istilah yang digunakan untuk proses penggabungan beberapa kiriman menjadi satu, sehingga memperkecil biaya ongkos kirim secara keseluruhan.

Packing List

Sebuah daftar sistem pengepakan barang yang di impor. Isinya adalah detail data pengirim, consignee, nama barang, jumlah barang, jenis barang, jenis dan jumlah kemasan, berat, kubikasi, shipping number, nama kapal, pelabuhan muat, pelabuhan bongkar, dll.

Forwarder Company

Perusahaan atau jasa perantara yang membantu prosedur impor barang yang merangkap ekspedisi muatan kapal laut atau ekspedisi muatan kapal udara, menyewa container ke shipping lines, dan isa mengirim barang sampai ke pelabuhan di Negara tujuan. Bisa menerbitkan dokumen pengapalan seperti BL dan AWB. Umumnya jasa forwarder melakukan pengiriman door to door, ada juga yang menyediakan jasa pembayaran baik itu paypal untuk amazon Amerika ataupun Alipay dari Alibaba China.

Exwork

Dalam kamus istilah umum importir terdapat persyaratan dagang dimana sistem pembelian suatu barang tersebut hanya harga barangnya saja. Tidak atau belum termasuk biaya stuffing, handling fee, forwarding fee, serta biaya lain-lain nya. Semua biaya tersebut merupakan tanggungan dari pihak buyer atau importer.

CBM (Meter Kubik)

Apa itu CBM ? CBM adalah singkatan dari “cubic meter” atau meter kubik. Dalam kegiatan ekspor impor istilah ukuran ini biasa digunakan dalam laut. Cara menghitung kubikasi biasanya dihitung berdasarkan satuan beratnya.  Ukuran ini biasanya mengacu pada jumlah total meter kubik yang dibutuhkan untuk mengepak dan mengirimkan paket. Metode yang tepat untuk menghitung CBM atau kubikasi ini berbeda-beda, tergantung pada bentuk paket.

Setelah mengenal berbagai istilah umum untuk para importir ini tentunya kamu akan mempermudah proses ekspor impor barang kamu, tentunya mengenal berbagai istilah umum untuk para importir juga akan lebih bermanfaat untuk kegiatan ekspor impor kamu kedepanya. Jika kamu ingin tahu update seputar peraturan terbaru dari bea & cukai terkait ekspor impor bisa cek disini ataupun jika kamu ingin tahu tips & trick seputar belanja dari marketplace luar negeri kamu dapat membaca updatenya disini.