Di tahun 2020 Tahun ini merupakan tahun yang cukup berat bagi semua bisnis termasuk impor, pandemi Covid-19 menyebabkan banyaknya negara melakukan beberapa regulasi untuk melindungi rakyatnya untuk tetap terjaga dari penyebarannya seperti physical distancing, #workfromhome, lockdown dll. hal tersebut menyebabkan perubahan kebiasaan yang membuat beberapa bisnis menjadi terganggu, contohnya pada kegiatan impor, peraturan lockdown pada beberapa negara menyebabkan penerbangan internasional menjadi terhambat yang mana berdampak secara signifikan pada februari 2020 kegiatan impor menurun menjadi 49,63% dari kegiatan impor tahun lalu.

Tentunya dalam pandemi selalu ada ancaman dan peluang didalamnya, mari kita bicarakan tentang peluang yang akan terjadi.

  • Pertama aliran impor yang tersumbat akan cenderung mengalir deras pada saat terjadinya #newnormal, terbukanya lockdown menyebabkan arus ekspor impor kembali berjalan dan secara signifikan dalam rangka memulihkan kembali kegiatan bisnisnya, tentunya hal itu akan menguntungkan bagi pengusaha impor yang dapat bertahan dalam pandemi untuk tumbuh lebih besar akibat terjadinya new normal.
  • Kedua kemungkinan harga barang yang menurun, akibat panjangnya kegiatan penanggulangan pandemi stock barang menjadi menumpuk sehingga supplier mau tidak mau menurunkan harga untuk membuat gudangnya menjadi sehat kembali.
  • Ketiga pengusaha impor yang baru memulai bisnisnya. pengusaha impor yang baru tidak mengalami kerugian akibat pandemi dan dapat menikmati keuntungan akibat dampak terbukanya jalur perdagangan internasional.

Oleh karena itu mari kita coba kembangkan diri dengan mempelajari bisnis impor untuk bersiap-siap menghadapi new normal.

Menjadi pebisnis impor menghadapi new normal

Kegiatan impor yang tertahan menyebabkan beberapa sektor bisnis tidak dapat memenuhi kebutuhan suplai untuk menjalankan bisnisnya, mari kita cari tahu apa saja yang dapat menjawab permasalahan tersebut sebagai importir di era new normal ini :

1.Mencari Supplier Trusted & Murah dari China

Selama ini destinasi kegiatan impor yang paling besar berada di China. dengan banyaknya suplier seperti Alibaba.com, Taobao.com, T-Mall.com & 1688.com barang yang berkualitas dengan harga yang murah dapat dengan mudah didapatkan. Namun banyaknya supplier juga membuat kita harus jeli dalam memilihnya.

2.Prosedur Impor laut dan udara

Mengetahui bagaimana barang kamu bisa sampai ke tempatmu adalah pengetahuan mendasar yang dibutuhkan buat kamu yang mau memulai bisnis impor. seperti bagaimana cara membedakan

3.Semua tentang Pajak Bea & Cukai

Bicara tentang impor tentunya tidak lepas dari Bea & Cukai, untuk menjalankan bisnis impor yang akan berjalan lama tentunya barang yang kamu akan datangkan harus legal dan turut akan peraturan pemerintah.

4.Best Practice Manajemen Inventori efektif dan efisien

Sebagai Reseller yang menyediakan barang impor mengelola inventory yang kamu miliki adalah sesuatu yang penting, mendatangkan barang impor sering kali akan menemu kendala dalam mengelola keluar masuk barang yang ada dalam inventory kamu.

5.Stand Out di Tokopedia dengan Branding & Marketing

Bagi kamu yang memiliki atau ingin memulai usaha dengan membuka store di tokopedia Course ini akan mempelajari tentang bagaimana bisa memenangkan bisnis kamu di tengah jutaan Store yang ada di tokopedia dengan aktivitas Branding & Marketing, kamu akan mendapatkan skill untuk mengelola sebuah Store dengan Branding & Marketing hingga perhitungan rate of investment dari setiap kegiatan yang kamu lakukan untuk tumbuh.

6.Attention! Dapatkan Perhatian customer dengan Digital Ads

Saat ini Semua orang sedang berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian atas apa yang mereka tawarkan, ads yang menjadi salah satu sarana dalam mendapatkan perhatian customer penting untuk dipelajari untuk standout ditengah noise yang ada.

7.Good Cashflow Good Biz Growth

bisnis yang sehat adalah bisnis yang memiliki pengelolaan keuangan yang efektif, segala pengeluaran dan pemasukan yang terdokumentasi dapat membantu kita untuk improvisasi bisnis anda untuk tumbuh lebih besar.