Tips Produktif Work From Home ini bisa kamu ikuti untuk tetap menjaga fokus titipers walaupun bekerja dari rumah. Mintips menulis ini karena beberapa waktu lalu pemerintah menghimbau agar menerapkan social distancing atau menjaga jarak satu sama lain agar mencegah penyebaran dari virus corona dan salah satu yang ramai diperbincangkan adalah work from home (WFH) atau kerja dari rumah. Titipbeliin mengikuti himbauan pemerintah, juga sudah mulai memberlakukan work from home efektif per tanggal 17 Maret 2020 hingga dua minggu ke depan. Hal ini merupakan upaya preventif untuk mencegah penyebaran virus corona lebih jauh.

work From Home memang bukan sesuatu yang baru, sebelumnya orang yang bekerja dari rumah ini sudah sering dijumpai, mereka adalah yang biasanya berprofesi sebagai seorang freelancer dimana bekerja hanya dengan mengenakan pakaian santai, celana pendek sambil bersandar di sofa dengan segelas kopi dan tentunya ini merupakan impian dari banyak pekerja. Tentu bekerja dilingkungan yang rileks seperti ini dituntut untuk memiliki tanggung jawab yang besar bukan berarti bisa berleha-leha, namun bisakah menjaga tingkat produktifitas yang tinggi ditengah suasana yang santai dan nyaman ? Mintips akan share tips agar produktif saat Work From Home , ini tipsnya.

Tetapkan Batas

Tips agar produktif work from home yang pertama adalah coba untuk menetapkan jam kerja harian. work From Home tidak berarti bekerja 24 jam ataupun berleha-leha 24 jam, pada prinsipnya tetap ada waktu yang digunakan untuk bekerja ataupun digunakan untuk beristirahat sama seperti sebelumnya. Menentukan batas kerja dan batas istirahat menjadi isu penting karena dibutuhkan tanggung jawab dan kesadaran diri yang besar bagi setiap orang untuk menerapkan pola seperti ini.Menyesuaikan waktu kerja masing-masing menjadi isu penting dalam work From Home karena setiap orang sangat mungkin memiliki ritme kerjanya masing-masing. Untuk itu coba buatlah daftar pekerjaan yang akan dilakukan pagi hari dan share ke rekan kerja agar tahu apa yang kita kerjakan hari ini dan jam bebas yang bisa diunakan untuk rapat online. Hal ini penting untuk dilakukan karena masing-masing akan memiliki tanggung jawab yang sama pada jam tertentu untuk meluangkan waktunya melakukan koordinasi bersama.

Jaga Mood di Pagi Hari

Set alarm seperti hari ini seperti biasa saat bekerja dari kantor, jika memliki kebiasaan untuk segera mematikan alarm dan bergegas langsung mandi maka gunakan waktu tersebut untuk berfikir sejenak dan renungkan apa yang akan kamu lakukan hari ini. Jika kamu biasa terburu-buru saat bangun tidur dan berangkat bekerja maka anda punya waktu bebas yang bisa digunakan saat ini.

Luangkan waktu yang ada untuk membuat pagi menjadi lebih menyenangkan dengan membuat sesuatu yang menaikan mood kamu di pagi hari seperti sarapan yang enak atau relaksasi ringan yang dapat menenangkan dan menyehatkan pikiran kamu. Memberikan kenyamanan di pagi hari akan membuat mood kamu sepanjang hari terjaga baik dan tentunya ini akan membuat produktifitas dalam bekerja menjadi lebih maksimal.

Maksimalkan Ruang & Waktu

Dengan work From Home tentunya kamu mempunyai waktu dan ruang yang berbeda sewaktu dikantor, jika kamu tipe pekerja yang suka melakukan pekerjaan sambil mendengarkan musik indie dengan speaker yang keras maka kamu dapat melakukanya sekarang, ataupun jika kamu terbiasa melakukan pekerjaan sambil tiduran maka lakukan sekarang karena tentunya anda tidak akan mendapatkan previlage seperti itu jika bekerja dari kantor yang memiliki kubikal antar meja yang mungkin hanya berjarak 1,5m dari anda, bekerja dari kantor juga menuntut banyak hal yang harus diseragamkan seperti mendengarkan musik yang ingin diputar terlebih jika kamu memiliki selera musik yang unik tentu harus mendengarkan dengan sepasang earphone agar tidak menganggu orang disekitar dan tentunya ini akan menyulitkan komunikasi dengan kamuSaat Work From Home  diruangan ini kamu yang mengatur segalanya, tidak ada batasanya. kamu bebas untuk bekerja di sofa tempat tidur ataupun ruang keluarga, dengan cahaya lampu gelap terang ataupun redup, mendengarkan musik dengan speaker aktif yang keras , lakukan apapun yang membuat diri kamu rileks karena akan memaksimalkan produktifitas kamu.

Keep In Touch Dengan Teman

Bagaimanapun kebiasaan kita saat bekerja dikantor dan berinteraksi dengan orang lain akan membekas pada diri kita dan akan merasakan sesuatu yang hilang saat bekerja sendiri dari rumah. Bekerja sendirian diruangan juga akan mudah membuat kita  bosan, kita tetap membutuhkan sesorang untuk diajak berdiskusi atau sekedar bercerita. Beruntung jika anda memiliki pasangan untuk diajak berbagi namun jika belum carilah teman yang bisa kamu ajak untuk berbincang tentang apapun, kamu dapat merencanakan berbagai hal produktif bersama agar work from home kamu dan teman kamu sama-sama menyenangkan dan maksimal seperti dengan merencanakan work from home bersama agar tidak mudah bosan ataupun dengan saling berbagi cerita lucu saat istirahat, lakukan apapun bersama partner anda untuk membuat anda merasa lebih baik.

Fokus Pada Timeline Pekerjaan

Begitu banyak distraksi saat work from home baik itu dari diri sendiri ataupun lingkungan yang mendesak, sosial media salah satu halangan terbesar yang akan dirasakan. Kecanduan untuk selalu membuka sosial media dan melihat sesuatu memang terlihat sederhana dan hanya menghabiskan beberapa menit dari total waktu bekerja, tapi tahukah kamu mengumpulkan mood dan konsentrasi dititik siap bekerja akan sulit sekali jika kamu terus terganggu dengan hal kecil seperti sosial media ini. Banyak waktu produktif kamu yang akan hilang jika terus terpaku dengan gangguan kecil oleh karena itu penting untuk membuat timeline pekerjaan kamu.Tentukan timeline/waktu bekerja kamu dan fokus pada timeline tersebut, salah satu cara produktif dalam work from home adalah kemampuan pengendalian diri dan konsistensi yang baik dalam menjalani sesuatu, kamu bisa jauhkan handphone kamu saat ingin fokus untuk mengerjakan sesuatu dan tidak ada gangguan lagi dari hal seperti ini. Bekerja dengan timeline juga melatih kamu untuk menjadi pribadi yang konsisten dan persisten dengan diri sendiri dan tanggung jawab yang dibuat, tentunya ini akan memaksimalkan kinerja kamu.

Kamu Bukan Superhero

work from home bukan tentang diri kamu sendiri melawan kebiasaan kamu tapi juga tentang kamu dan partner kerja kamu yang lain, ini memerlukan kepercayaan yang tinggi antar partner kerja, karena tentunya setiap orang mempunyai waktunya sendiri dalam mengerjakan sesuatu dan kebaisaan itu mungkin berbeda disetiap orangnya. Beberapa ada yang menyukai kerja dipagi hari karena merasa pikiran sedang fresh, beberapa ada yang terlebih dahulu menaikan mood untuk bekerja secara maksial atau beberapa ada yang menyukai mengerjakan sesuatu saat mendekati deadline oleh karenanya komunikasi menjadi faktor penting dalam work from home.

Kamu bukanlah superhero bagi partner dalam pekerjaan kamu, partner kamu tidak perlu memanggil kemudian menunggu kamu untuk meminta kamu menyelesaikan sesuatu dengan pekerjaanya. Pastikan kamu selalu datang meeting online tepat waktu dan selalu dapat dijangkau kapanpun selama waktu bekerja kamu karena ini mempengaruhi efektifitas dalam pekerjaan tim kamu, ingat kamu bukan superhero yang harus dipanggil berulang kali baru kemudian datang untuk menyelamatkan situasi.

Manfaat Work from Home

Work From Home sebetulnya sudah diterapkan oleh beberapa perusahaan untuk menjaga stabilitas dari mentalitas pegawai karena work from home sendiri memiliki banyak manfaat lain untuk pengembangan diri dan guna tetap maksimal dalam menjalankan pekerjaan.

Lalu, apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari work from home?

  • Kamu bebas mengatur bagaimana cara untuk km bekerja, artinya kamu bekerja dengan ritmemu sendiri dan hal ini diharapkan dapat memaksimalkan produktifitas.
  • Kadang berinteraksi dengan orang lain dapat menjadi penghalang untuk produktifitas seseorang dalam bekerja, begitu banyak distraksi saat ingin fokus terhadap satu hal akan menghancurkan mood dan berakibat pada hasil pekerjaan. Work From Home membuat kamu sedikit sekali bersentuhan dengan rekan kerjamu dan diharapkan dengan ini dapat membuatmu terus fokus dan memberikan hasil yang maksimal.
  • Work-life balance yang dapat terjaga dengan baik karena ritme bekerja dan beristirahat kamulah yang tentukan
  • Efisien waktu, Berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk pulang pergi dari tempat tinggal kamu menuju kantor ? waktu ini akan sangat berguna jika kamu dapat memanfaatkanya untuk meningkatkan produktifitas kamu
  • Mencari Passive Income, Dengan waktu yang lebih banyak tentunya kamu ingin menambah pendapatan bulanan kamu agar lebih produktifkan ? coba dulu baca ini(Link cara menjadi reseller/importir) biar kamu dapet insight tambahan.
  • Buy From Home, juga merupakan salah satu previlage yang bisa kamu dapatkan saat work from home loh. Kamu jadi punya waktu lebih untuk membandingkan atau mencari barang yang kamu suka, kalau barang kamu beli hanya ada di e-commerce luar negeri bisa titip via titipbeliin.com

Nah, itu adalah manfaat dan tips agar work from home tetap produktif, kamu masih punya tips lain agar work from home lebih maskimal ? yuk share di kolom komen supaya kita semua bisa maksimal dan merasakan manfaat dari work from home.