Perusahaan Importir di Jakarta Terbaik

Perusahaan Importir di Jakarta Terbaik, Memudahkan, Aman, & Legal

Tidak hanya fokus ke kualitas barang impor, perusahaan importir di Jakarta terbaik juga perlu kamu ketahui, terutama bagi para importir atau pebisnis impor di Indonesia.

Pasalnya, untuk menunjang pengiriman barang impor yang bagus dan terpercaya, kamu harus memahami jasa importir, mulai dari keunggulan dan kekurangan dari perusahaan importir yang dipilih.

Baca Juga: Apa Itu Impor? Ketahui Juga Tujuan dan Contohnya

Namun, sebelum membahas lebih dalam terkait perusahaan importir di Jakarta terbaik, sebaiknya simak pengertian importir hingga jenis-jenisnya berikut ini.

Pengertian Importir

Importir sendiri merupakan orang atau badan (bisa disebut perusahaan juga) yang melakukan kegiatan impor atau memasukkan barang/produk dari luar negeri ke dalam negeri.

Jenis Jenis Importir

1. Approved Traders

Approved Traders

Jenis importir yang pertama adalah approved traders, di mana jenis perusahaan impor ini secara khusus diistimewakan oleh pemerintah (Departemen Perdagangan). Tujuannya, adalah untuk mengimpor komoditi tertentu, yang dianggap perlu oleh pemerintah.

2. Import Merchan

Import Merchan

Jenis Importir yang selanjutnya adalah import merchan, yang hampir sama dengan approved traders. Jenis perusahaan impor ini diberikan izin usaha oleh pemerintah, dalam bentuk Tanda Pengenal Pengakuan Impor atau (TAPPI). Namun, perusahaan ini hanya diberikan izin untuk mengimport barang khusus, sehingga tidak bisa import barang lain yang tidak diizinkan.

3. Importir Umum

Importir Umum Perusahaan Import

Berikutnya, ada importir umum yang bisa melakukan impor berbagai macam barang dagang. Namun, perusahaan yang berstatus sebagai importir umum ini, kebanyakan, hanyalah Persero Niaga umum, atau sering disebut Trading House, atau Wilma Dagang.

4. Sole Agent Importer

Sole Agent Importer 

Selanjutnya adalah Sole Agent Importer, yang mungkin lebih jarang terdengar dan perusahaan tersebut merupakan perusahaan asing, yang bergerak dalam memasarkan barang di Indonesia. Setelah itu, mereka biasanya mengangkat perusahaan setempat, sebagai Kantor Perwakilannya, atau bisa juga menunjuk sebuah agen tunggal. Di mana mereka akan dijadikan pengimpor hasil produksinya di Indonesia.

5. Importir Terbatas

Importir Terbatas

Jenis importir yang terakhir adalah importir terbatas, yang seperti namanya, perusahaan ini dibuat untuk mempermudah perusahaan-perusahaan yang didirikan dalam rangka UU PMA atau PMDN, sehingga pemerintah telah memberikan izin spesial pada perusahaan PMDN serta PMA.

Izin tersebut dikeluarkan untuk mengimport barang-barang seperti mesin-mesin, hingga bahan dasar untuk kebutuhan, yang akan di gunakan sendiri, dan tidak bisa diperjual belikan ataupun perdagangkan kembali.

Izin itu diserahkan dalam wujud API- T( Nilai Ciri- ciri Importir Terbatas), yang telah di keluarkan oleh BPKM atas nama Meteri Perdagangan.

Peraturan Importir

Peraturan Importir

Karena menyangkut perdagangan internasional, maka kegiatan importir ini juga memiliki peraturan yang ketat. Nah, sesuai dalam peraturan UU No 7. Tahun 2015, pihak importir bertanggung jawab sepenuhnya terhadap barang yang sedang diimpor.

Baca Juga: Istilah Umum Untuk Para Importir

Jika importir melakukan pelanggaran atau tidak bertanggung jawab atas barang yang diimpor, maka pihak pengimpor akan dikenakan sanksi administratif. Mulai dari pencabutan RI insan, persetujuan, pengakuan, dan penetapan di bidang perdagangan.

Sehingga, untuk menjadi perusahaan impor di Jakarta terbaik, pihak importir harus mengikuti peraturan yang berlaku dan diberlakukan oleh Bea dan Cukai.

Termasuk tentang jenis barang yang boleh dan dilarang masuk ke Indonesia. Hal-hal yang dilarang, diantaranya adalah makhluk hidup, obat terlarang, benda yang mengandung pornografi, senjata tajam atau senjata api, dan lainnya.

Syarat untuk Menjadi Importir

Syarat untuk Menjadi Importir

Syarat untuk menjadi importir juga tidak mudah, perusahaan importir di Jakarta terbaik dan terpercaya, setidaknya harus memenuhi persyaratan, seperti di bawah ini.

  • Memiliki perusahaan yang telah berbadan hukum, yang memiliki berbagai dokumen identitas, seperti akte perusahaan, NPWP, SIUP, Surat Keterangan Domisili Perusahaan, Tanda Daftar Perusahaan, dan lainnya.
  • Perusahaan memiliki dokumen API, beserta nomor registrasi importir yang resmi. Di mana dokumen tersebut didapatkan dari Departemen Perdagangan/Kementrian Perdagangan.
  • Perusahaan juga memiliki NIK (Nomor Induk Kepabeanan) dan nomor registrasi yang telah diperoleh setelah melakukan registrasi ke bagian Bea Cukai.
  • Perusahaan memiliki dokumen API untuk importir secara umum, importir produsen, hingga yang memiliki pabrik. 

Lantas perusahaan importir di Jakarta terbaik mana, yang bisa jadi pilihan tepat yang aman dan terpercaya? Nah, jika kamu cari perusahaan importir terbaik, terlebih yang berdomisili di Jakarta, kamu bisa pilih Titipbeliin.com.

Titipbeliin.com Salah Satu Perusahaan Importir Terbaik di Jakarta

Titipbeliin.com merupakan perusahaan yang melayani konsumen Indonesia, untuk membeli produk dari luar negeri dengan sistem jasa layanan titip beli.

Kamu bisa melakukan pembelian produk dari beberapa negara seperti China, Korea, Inggris, Amerika, Hongkong, dan Singapura.

Titipbeliin.com menjadi salah satu perusahaan importir di Jakarta terbaik, yang beralamat di Pluit, Jakarta Utara, dengan berbagai fitur yang mungkin tidak dimiliki perusahaan importir lainnya.

Salah satu fitur unggulannya adalah fitur cek barang dengan cara copy link produk. Kamu bisa cek produk, harga, hingga estimasi ongkos kirim, dengan cara copy lini produk dari berbagai marketplace luar negeri, lalu di paste di kolom pencarian situs Titipbeliin.com.

Selain itu, Titipbeliin.com juga memiliki kelas deselerasi impor gratis, di mana kelas komunitas tersebut, bisa membantu para pebisnis impor pemula maupun profesional, untuk membeli barang dari supplier luar negeri terbaik.

Dengan sistem pembayaran yang transparan, kamu tidak perlu khawatir akan keamanannya. Tim customer service yang siap sedia melayani, juga akan membantu kamu dalam semua prosesnya, sampai selesai.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.