Site icon Blog Titipbeliin & Titipkirimin

Lengkap ! Semua Tentang Bisnis Jastip/Jasa Titip

bisnis jastip

bisnis jastip

Pengertian Bisnis Jastip 

Bisnis jastip atau jasa titip menjadi salah satu cara yang dilakukan banyak orang untuk mencari passive income loh titipers, sebagian dari pelaku jastip umumnya melakukan perjalan kesuatu tempat kemudian membuka jasa untuk membelikan sebuah barang atua produk unik dari daerah tersebut. Terdengar mudah namun yah…mudah mudah sulit juga sih ya, tergantung dari jenis barang yang ingin di pesan juga. Namun karena pandemi ini bisnis jastip menjadi kurang terdengar lagi, karena faktor utamanya sebagian dari kita masih sulit untuk melakukan bepergian keluar negeri untuk travelling. Tapi demi kebaikan bersama tentunya kita harus bisa bertahan ya titipers, nah salah satu jalan untuk terus mencari cuan ditengah situasi ini adalah melakukan bisnis jastip online.

Sebelum membahas bisnis jastip online, mintips mau share dulu mengenai pengertian bisnis jastip ini terlebih dahulu. Menurut sumber Merdeka.com bisnis jastip adalah singkatan dari jasa titip atau layanan informal yang menawarkan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan atau ingin membeli sesuatu tetapi tidak dapat pergi ke tempat yang diinginkan untuk membeli sendiri karena berbagai alasan. Asal mulanya istilah ini terkenal untuk mereka yang membuka jasa membeli barang dari luar negeri, umumnya barang tersebut unik dan tidak ada di negara Indonesia. Bisnis jastip ini mulai bergeser dari yang mencari barang diluar negeri menjadi meluas termasuk membeli barang dari berbagai kota di Indonesia seperti jastip surabaya, jastip jogja, jastip malang ataupun kota lainya.

Semakin banyaknya bisnis jastip juga memiliki perkembangan dalam melakukan transaksi, awalnya adalah semua dilakukan secara manual dan berdasarkan kepercayaan sekarang menjadi banyak sekali pihak ketiga yang menjadi platform untuk membantu bisnis jastip seperti ini. Model bisnis jastip online menjadi yang paling ramai loh di era pandemi ini, karena sulitnya akses untuk keluar negeri namun antusiasme konsumen terhadap barang luar negeri tetap tinggi bahkan mungkin sudah mencapai titik puncaknya. Salah satu model bisnis jastip online yang bisa kamu lakukan adalah membuat daftar katalog untuk produk yang ingin kamu jual, kemudian kamu tinggal memesan melalui platform seperti titipbeliin.com.

Sejarah Bisnis Jastip

Untuk awal mula dari bisnis jastip sendiri kapan dimulainya agak sulit ditentukan ya titipers, karena ini sudah berlangsung dari beberapa waktu sebelum istilah jastip / personal shoppers itu sendiri ramai. Ini dimulai dari kebiasaan untuk menitip sesuatu barang kepada kerabat atau kenalan saat sedang bepergian kesuatu tempat, tentunya dengan berbagai alasan karena barang tersebut hanya ada pada tempat tersebut, barang tersebut sulit didapatkan namun secara garis besar menurut mintips semua barang itu adalah “unik” dan jastip muncul karena “kesulitan mendapatkan akses barang tersebut”.

Model & Biaya Bisnis Jastip

Hmm jika berbicara tentang model bisnis jastip saat ini, sudah sangat berbeda dengan awal mula bisnis jastip ini ramai, namun jika mintips kategorikan secara garis besar model bisnis jastip terbagi menjadi 2 yaitu bisnis jastip konvensional dan secara online.

Bisnis Jastip Konvensional

Cara jastip konvensional biasanya sangat sederhana. Titipers cukup menghubungi penyedia jasa layanan ini. Umumnya ada yang memberikan jasa pembelian barang titipan sesuai wishlist titipers, ataupun yang hanya membelikan barang sesuai denga deskripsi yang penyedia jasa jual sehingga penyedia jastip tinggal pergi membelikan produk titipers. Kepercayaan menjadi penting dalam bisnis jastip ini, karenanya diperlukan Interaksi secara live baik denga chat, sosial media atau video call. Salah satu cara untuk membuat bisnis jastip lebih terpercaya adalah menyediakan siaran langsung/live ig proses belanja di akun Instagram agar titipers bisa menentukan barang.

Nah setelah mengetahui proses atau model bisnis jastip konvensional ini, sebelum itu titipers harus menyepakati dulu fee dan perkiraan ongkos kirim. Umumnya titipers harus mengirim sejumlah uang yang telah disepakati kepada penyedia jastip. Tentunya ada beragam model yang dilakukan, ada yang meminta untuk melakukan pembayaran langsung lunas diawal, namun ada juga yang bersedia dengan sistem down payment/dp denga jumlah tertentu. Nah terakhir, jika barang titipers sudah selesai dibeli dan siap dikirim, titipers akan segera mentransfer sisa biaya yang telah disepakati sebelumnya. Untuk besaran komisi jastip konvensional ini sangat beragam ya, mulai dari Rp 5000 sampai Rp100.000 setiap itemnya. Tentunya ini ditentukan oleh kesepakatan titipers dan penyedia jastip ini.

Bisnis Jastip online terpercaya Titipbeliin

Cara bisnis jastip online ini umumnya lebih menggunakan perantara tekhnologi sebagai pihak yang menjembatani kedua belah pihak. Salah satunya adalah titipbeliin.com. Disini titipers bisa menitip barang apapun dari 5 negara layanan titipbeliin.com mulai dari Amerika, China, Singapura, Korea Selatan dan United Kingdom. Cara mudah bisnis jastip online inipun beragam, ada yang sebagai penyedia jasa 3rd party, semacam marketplace untuk bertemunya pelaku jastip yang sedang travelling dengan titipers yang ingin jastip. Ada juga yang menjadi pihak peneyedia jastip itu sendiri seperti mintips titipbeliin.com. Caranya mudah, cukup copy paste link barang yang ingin dipesan dari website manapun dinegara layanan mintips, kemudian isi detail barang kirimanya dan akan muncul harga total sampai alamat titipers. Titipers juga tidak perlu khawatir karena bisnis ini legal dan dijalankan oleh perusahaan, selain itu titipbeliin juga taat terhadap peraturan perpajakan yang ada di Indonesia jadi barang kamu dijamin aman dan legal sampai tujuan.  Biaya jastipnya pun terbilang murah, yaitu 6% dari harga produk berapapun jumlah barang yang di titip dan tidak ada minimal pembelian. Selain itu titipers tidak perlu menunggu jastipers ini pulang dari luar negeri/bepergian untuk mengirimkan barang, karena semua dilakukan secara dgiital dan terintegrasi, jadi titipers bisa melacak posisi barang titipers secara real time.

Cara memulai Bisnis Jastip

Banyak orag yang memulai bisnis ini sebagai dana tambahan untuk biaya perjalanan/liburan mereka, namun tidak sedikit yang berakhir menjadi menekuni jasa titip ini dengan serius. Beragam produk yang biasa di titip, namun yang paling sering dititip adalah produk dari negara Singapura dan produk dari charles and keith singapura ataupun pull and bear. Untuk titipers yang ingin memulai bisnis jastip ini bisa dengan 2 cara, jika titipers ingin melakukan perjalanan bisa mulai mencoba bisnis jastip ini. Caranya adalah :

  1. Buat list produk unik dari tempat tujuan perjalanan/liburan titipers
  2. Cari tau harga masing-masing produk
  3. Buat range harga jasa titip per item, hitunganya bisa dengan persentasi komisi dari setiap barang ataupun dengan harga tetap (Cth : Rp 10.000/item)
  4. Buatlah pengumuman H-7 sebelum keberangkatan di sosial media titipers jika ingin membuka jasa titip
  5. Saat hari H buat stok video/foto yang cantik untuk membantu proses promosi
  6. Buatlah perjanjian dengan jelas terutama tentang harga yang detail
  7. Usahakan kirim barang dari tempat titipers berlibur, jika tidak harus siap sedia 1 tas tambahan berisi barang titipan

Namun dimasa pandemi ini tentunya titipers akan sulit bepergian, jangankan keluar negeri untuk sekedar berpindah kota saja kita mengalami pembatasan. Tapi tidak perlu khawatir, titipers tetap bisa memulai bisnis jastip barang dari luar negeri dengan mudah menggunakan platform seperti titipbeliin.com. Jastip barang dari luar negeri saat ini tentunya mengalami titik puncaknya, karena sudah hampir setahun warga Indonesia sulit untuk melakukan perjalanan keluar negeri karena Covid-19, tentunya hal ini mengurung hasrat untuk berbelanja barang import juga. Jika titipers ingin memulai bisnis jastip barang import ini mudah banget loh, caranya adalah :

mudah bukan cara titip via titipbeliin ? semudah membeli dari eCommernya langsung, tunggu apa lagi langsung aja bikin wishlist produk favorit kamu, kalau produk yang titipers mau masih sulit ditemukan di eCommerce Korea manapun, mintips kasih rekomendasi website lain biar kamu bisa jadiin referensi untuk cari barang yang kamu banget dan tentunya harganya terjangkau.

Rekomendasi Marketplace Terlengkap

Rekomendasi Website Fashion Pria dan Wanita

Rekomendasi Website Kpop

Rekomendasi Website Make Up

manyo : Koleksi terlengkap untuk lipstick, cushion atau perawatan apapun tentang kulit dan wajah