Langkah awal untuk menjadi Importir salah satunya adalah memiliki supplier yang trusted dan sustainable untuk bisnis kamu, kebetulan supplier yang memiliki kriteria yang paling cocok dalam meraup cuan adalah supplier-supplier asal China, oleh karena itu kali ini mintips mau membahas sedikit seputar supplier dari china.

Pengertian Supplier

Supplier adalah pihak (perorangan/ perusahaan) yang menjual atau  memasok sumber daya dalam bentuk bahan mentah kepada pihak lain (perorangan/ perusahaan) untuk diolah menjadi barang atau jasa tertentu, jadi bisa dibilang supplier adalah produsen bukan yang mendistribusi ya. Untuk mencari supplier barang dari China dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu Online & Offline.

Supplier Offline

Supplier offline merupakan supplier yang menyediakan barang dengan sistem pembelian langsung di tempat (offline). Jadi, biasanya dia memiliki tempat berjualan atau toko yang bisa kamu kunjungi untuk melihat langsung barang yang akan kamu beli. Dalam mencari supplier offline di China, beberapa tips ini bisa kamu lakukan : 

  • Meminta referensi kepada kolega
  • Mendatangi toko secara langsung di China
  • Mendatangi live event / exhibition

Supplier Online 

Mencari Supplier Trusted & Murah dari China

Kebalikan dari Supplier Offline, Supplier Online memiliki proses pembelian melalui internet dan dunia maya. Supplier Online biasanya menggunakan platform dan e-commerce untuk memasarkan produk dan berkomunikasi dengan customer yang ingin membeli barang. Kelebihannya, supplier Online dapat kamu jangkau dimanapun karena kamu hanya membutuhkan smartphone atau laptop serta jaringan internet untuk mencari supplier jenis ini. Nah mintips punya beberapa website tempat mencari supplier barang-barang murah di China : 

Untuk lebih lengkapnya Kamu bisa baca lebih lanjut Panduan lengkap impor / jastip barang dari China ke Indonesia untuk mengetahui cara belanja dari supplier-supplier di China.

Kenapa China?

China dikenal memiliki produk yang bervariasi, unik dan berkualitas. Sepanjang tahun 2019 saja China tercatat sebagai produsen impor nomor 1 bagi Indonesia,sebesar 29,95% atau 44,58 Miliar US$ barang impor yang masuk ke Indonesia berasal dari negeri tiongkok ini. di posisi berikutnya ditempati oleh Jepang dengan total impor 10,27% atau 15,59 Miliar US$. Produk yang masuk umumnya didominasi oleh alat berat dan mesin, kemudian produk sehari-hari seperti pakaian, sepatu, tas, aksesoris dan gadget. Barang dari Cina terkenal sangat murah dan bisa dijual kembali di Indonesia dengan harga yang sangat tinggi. Hal ini karena harga barang dari China bisa lebih murah 10 kali lipat dibanding harga jual di Indonesia. Lebih dari 70% produk yang dijual di ecommerce indonesia merupakan impor dari china.

Data Impor China

Ada beberapa alasan mengapa produk dari China membanjiri e-commerce di Indonesia, diantaranya yaitu :

  • Produk yang dijual tidak menggunakan sarana promosi sehingga bisa menjadi lebih murah
  • Pembelian dilakukan langsung dari pabrik karena banyak sekali pabrik penghasil barang yang ada di china, karena china merupakan salah satu negara industri terbesar
  • Bahan baku lebih murah : karena banyak sumber daya manusia, maka kecepatan dalam penghasilan produk bertambah sehingga barang menjadi lebih murah
  • Pilihan produk beragam
  • Kualitas produk baik , banyak yg berfikir barang dari china adalah barang dengan kualitas rendah. padahal banyak juga
  • Barang dengan kualitas tinggi. bahkan, salah satu merk smartphone terkemuka di dunia menggunakan china untuk merakit barangnya.

Nah oleh karena itu pentingnya memiliki supplier dari China bisa berpotensi buat kamu meraup cuan semaksimal mungkin, jika kamu mau mempelajari lebih lanjut seputar “Supplier dari China” kamu bisa ikuti online Course dari titipbeliin & titipkirimin yang membicarakan tentang 1101 Jadi Pebisnis Impor langsung Cuan, terdiri dari 7 courses yaitu :

  • Mencari Supplier Trusted & Murah dari China
  • Good Cashflow Good Biz Growth
  • Prosedur Impor laut dan udara 101
  • Semua tentang Pajak Bea & Cukai
  • Best Practice Manajemen Inventori efektif dan efisien
  • Attention! Dapatkan Perhatian customer dengan Digital Ads

Akan membantu memenuhi segala informasi untuk menjadi Importir yang dengan cepat menghasilkan cuan, yuk langsung gabung ke kelas dengan cara hubungi Mintips disni.