Jastip atau bisa dikatakan jasa titip dan impor barang dari luar negeri memanglah istilah baru yang muncul belum lama ini, namun model bisnis seperti ini sendiri sudah ada di Indonesia sejak dahulu. Jastip merupakan peluang usaha untuk membelikan barang pesanan yang diminta oleh pengguna jasa. Biasanya, Jastip memanfaatkan teknologi atau media sosial untuk menawarkan jasa pembelian barang. Kemajuan media sosial terutama Instagram memberikan ruang berkembang menjadi lebih luas dalam melebarkan bisnis jastip ini. Jastip dikenal juga dengan istilah Personal Shopper sebuah pekerjaan keluar masuk toko, mall atau marchant besar dengan beberapa merek terkenal sesuai dengan keinginan para pelanggan yang percaya pada jasa mereka. Cara kerja jasa titip personal ini sederhana, hanya memotret dan memposting beberapa foto brand terkenal diakun sosial media mereka kemudian menunggu pesanan dari pelanggan lalu mereka membeli dan mengirimkannya. Adapun tarif yang ditawarkan beragam mulai dari Rp 5.000 – Rp 15.000 per itemnya sampai dengan tahap nego antara pemesan yang nilainya cukup lumayan. Omset yang didapatkan dari bisnis ini bisa beragam mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta. Keterbatasan antara barang yang dapat dititip mengingat barang yang dibeli mengikuti rute dari jastip konvensional dan masalah lain seperti harga yang tidak pasti, keamanan barang sampai dengan tidak dapat memesan barang secara online yang menjadi dasar dari pelayanan utama yang coba di jawab oleh titipbeliin sebagai jastip online dari marketplace manapun di dunia.

Titipbeliin hadir dalam bentuk website ataupun aplikasi dimana titipbeliin merupakan jasa titip online yang ada di Indonesia. Tidak perlu menunggu waktu yang lama atau menunggu orang lain untuk pergi ke negara tersebut dan membelikan barang yang kita ingin beli,  semua barang dan transaksi dilakukan secara online. Titipbeliin mempunyai tim di negara China, Amerika, Singapura, UK dan Korea Selatan, jadi titipers tidak perlu menunggu waktu lama untuk membelikan barang yang ingin titipers pesan, ketika sudah langsung diverivikasi pembayaran maka barang yang di titip akan langsung dipesan dan titipers tinggal menunggu barang yang dipesan sampai sesuai alamat titipers.

Solusi Jastip Online Indonesia

Titipbeliin merupakan jastip online yang terintegrasi dengan sistem yang aman dan dapat dipercaya karena sudah dalam bentuk badan usaha dan terdaftar secara resmi tentunya berbeda dengan jastip konvensional yang pada umumnya dilakukan secara personal dan sebagian besar menggunakan media sosial sebagai wadah promosinya. Ada banyak hal yang membedakan titipbeliin dengan jastip konvensional seperti fee sebesar 6% dari harga barangnya dan tentunya ada biaya pengiriman internasional namun semua biaya yang dikenakan transparan dan bisa di cek terlebih dahulu oleh titipers.

Terdapat beberapa perbedaan antara titipbeliin sebagai jastip online dengan jastip konvensional, kita dapat membandingkan dari beberapa aspek seperti :

1. Harga

Titipbeliin sangat transparan mengenai harga dan jasa yang di patok, semua bisa di cek di awal sebelum menitip barang yang ingin di beli, untuk fee setiap pembelianya sendiri adalah 6% dari harga produknya, sedangkan untuk jastip personal harga yang biasa dikenakan adalah Rp 5.000 – Rp 15.000 dan tergantung dari kebijakan antara penitip dengan yang di pelaku jastip.

2. Kecepatan Pengiriman

Jastip personal menitikberatkan kepada pembelian secara manual sehingga untuk waktu pengirimanya mengikuti waktu pelaku jastip saat sedang berkunjung ke negara tersebut, biasanya open jastip di buka dari jauh hari seperti H-30 sebelum mereka berangkat sehingga mereka bisa membuat list dan rincian barang apa saja yang di beli saat berkunjung dan mencari informasi mengenai tempat membeli barang tersebut, setelah di beli barang akan dibawa pulang oleh personal seller kemudian setelah tiba di Indonesia barulah barang di kirim sesuai alamat penitip, jika menggunakan jasa startup seperti Titipbeliin estimasi waktu pengiriman sudah memiliki regulasi, yaitu untuk China, Korea dan Singapura adalah 5-10 Hari, Amerika 10-15 hari dan UK 15-21 hari, tidak perlu menunggu lama saat setelah melakukan transaksi barang akan langsung dibelikan dan di proses kirim menuju alamat kamu di Indonesia

3. Metode Pembayaran

Metode pembayaran yang digunakan oleh jastip personal sebagian besar adalah transfer, memang mudah namun karena rekening yang di kirim adalah rekening pribadi tentunya menurunkan rasa kemanan dalam transaksi pembelian. Startup jastip seperti Titipbeliin memberikan metode pembayaran yang beragam mulai dari manual transfer, Virtual Account Bank, kartu kredit, Alfamart, Indomaret sampai E Money seperti OVO. Selain memberikan ragam pembayaran tentunya masing-masing metode pembayaran sering kali memberikan discount spesial kepada para penggunanya dan tentu saja transfer di lakukan atas nama rekening perusahaan sehingga pembeli merasa aman.

4. Ragam Produk

Startup Titipbeliin dapat membantu membelikan barang apapun selama barang tersebut dapat di beli secara daring/online. bila barang yang dibeli di luar 5 negara yaitu Amerika, China, Singapura, Korea Selatan dan UK nantinya barang tersebut akan dibelikan dan dikirimkan kegudang terdekat dari 5 negara tersebut, memang memakan waktu lebih lama dari estimasi tetapi Titipbeliin dapat membelikan barang dari negara manapun. Berbanding terbalik dengan jastip personal, barang yang dapat dibeli adalah barang-barang yang ada di toko retail, untuk mencari barang yang lebih murah di banding harga aslinya namun pilihan barang yang dapat di beli menjadi lebih terbatas dan bukan berarti di online store harga barang lebih mahal jika dibandingkan harga retail.

5. Legalitas

Para pelaku jastip personal umumnya membawa semua barang titipanya ketika pulang kembali ke Indonesia dan tentu saja banyak diantara mereka yang kurang paham mengenai peraturan yang berlaku mengenai barang yang bisa dibawa masuk menuju Indonesia, kemungkinan barang titipan kamu berakhir di tangan Bea Cukai dan harus mengurus berbagai dokumen sendiri untuk mengambil barang tersebut sangat besar potensinya, berbanding dengan Titipbeliin semua barang yang kamu beli ketika transaksi dibayarkan sudah tidak perlu memusingkan masalah perpajakan sampai dengan Bea Cukai karena semua sudah diurus dan dijamin barang yang kamu pesan sampai dan sesuai dengan yang kamu pesan dan semua proses dilakukan secara legal, tentunya kamu mau berkontribusi bagi negara dengan tidak melakukan penyelendupuan bukan ?

6. Mudah

Poin terakhir yang paling disoroti adalah kemudahan dalam melakukan proses jastip. Banyak cara yang dilakukan para pebisnis jastip ini, yang paling sering bisa dilihat dari akun media sosial, paling favorit melalui Instagram. Fitur Instagram dimulai dari posting produk hingga penggunaan fitur InstaStory dapat digunakan untuk promosi. Calon pembeli bisa scrolling untuk mencari produk yang disediakan penyedia jastip. Pembeli akan melakukan pemesanan sesuai orderan ataupun DM untuk menanyakan orderan barang tertentu, setelah itu penyedia jastip menerima pembayaran dari pembeli. Pembeli akan membeli barang sesuai pesanan, setelah itu penyedia jastip melakukan packing barang selanjutnya dikirimkan kepada pembeli.

Rekomendasi website untuk jadi supplier dan dropship barang import

Belakangan salah satu yang sedang ramai dibicarakan adalah cara import barang dari luar negeri untuk dijual kembali baik itu sebagai reseller ataupun sebagai dropshipper. Ada ragam produk yang dijual oleh reseller ataupun dropshipper di Indonesia mulai dari sepatu, aksesoris, pakaian, gadget dll. Untuk itu titipers yang baru mau mulai mencoba untuk menjadi dropshipper dan reseller, ga usah khawatir karena mintips akan ngasih rekomendasi website supaya kamu dapat supplier yang cocok untuk kamu cari-cari barang, berikut daftarnya :

China

  • Tmall : e-Commerce tempat mencari barang original di China
  • World.Taobao : e-Comemrce fashion terlengkap dapat di seluruh dunia termasuk Indonesia
  • 1688 : Tempat mencari barang termurah langsung dari supplier dan mencari barang unik
  • owhat.cn : Koleksi aneka fashion dan lifestyle terkini termasuk yang digunakan para idol

Amerika

  • VANS : Cari koleksi sepatu atau apapun soal VANS dari yang vintage sampai yang terbaru di sini
  • STOCKX : Koleksi sepatu lengkap dari yang baru sampai yang bekas
  • ZUMIEZ.COM : Koleksi lengkap dari berbagai brand besar untuk update fashion pria, wanita bahkan remaja
  • beyondvape.com : Semua update tentang vape, parts dari vape sampai dengan forum ulasan setiap produknya oleh penggunanya
  • shop.classicindustries.com : Suka koleksi mobil klasik dan kesulitan cari parts mobilnya, ini bisa jadi solusi mulai dari Camaro, Nova, Impala, Mopar sampai Mustang

Singapura

  • qoolmart.sg : Koleksi fashion wanita dan pria yang lengkap untuk setiap musimnya
  • next.sg : Koleksi terlengkap untuk lifestyle dan fashion
  • sg.iherb : Produk kesehatan organik dan non organik terlengkap
  • etsy : Melengkapi koleksi Handycraft bahkan bisa custom

Korea Selata

  • Gmarket : Cari barang apapun mulai dari lifestyle, fashion, aksesoris, barang apapun 
  • 11st : Update barang brand asal korea seperti gadget dan aksesoris
  • ygselect : koleksi lengkap dari BigBang, Blackpink, 2NE1 dan idolgroup lainya
  • ktown4u : Original merchandise dari EXO, Red Velvet, WayV dan idol group lainya
  • manyo : Koleksi terlengkap untuk lipstick, cushion atau perawatan apapun tentang kulit dan wajah

Cara Kerja Jastip Via Titipbeliin

Setelah mengetahui perbedaan jastip online titipbeliin.com dengna jastip konvensional tentunya titipers semakin tertarik untuk berbelanja barang dari luar negeri bukan ? dengan menggunakan jasa resmi seperti titipbeliin.com barang yang dipesan dipastikan sesuai dengan yang dibeli dan tentunya sampai alamat tujuan seperti yang dipesan tentunya titipers tidak perlu khawatir karena semua barang yang dipesan dijamin dand ditanggung oleh pihak titipbeliin.

titipbeliin.com hadir sejak Maret 2019, saat artikel ini ditulis Desember 2019 titipbeliin.com telah berhasil melayani 6500 titipan dari Amerika, Inggris, Korea, China dan Singapura. Dengan titipbeliin.com semua masalah Jastip terselesaikan, karena titipbeliin memiliki layanan one stop services yang tidak dimiliki oleh kompetitor, simak cara kerja titipbeliin.com 

  1. Titipers memilih produk yang mau dititipkan dari semua e-commerce yang ada di Singapura, Amerika, China, UK dan Korea Selatan baik itu dari eCommerce 1688, amazon, ebay dan Gmarket, lalu copy & paste URL nya kedalam box dalam homepage titipbeliin.com, isi detail dan muncul harga total termasuk pajak dan biaya pengiriman.
  2. Titipbeliin.com punya gudang dan team di 5 negara layanan ; Amerika, Inggris, China, Singapura & Korea yang akan langsung membelikan barang  titipan kamu, Sebelum beli titipan kamu, team kami akan menilai apakah website yang dititipkan itu aman atau tidak untuk transaksi 
  3. Barang titipan kamu lalu akan diantar langsung ke gudang titipbeliin.com di negara terdekat dan barang titipan kamu akan di cek langsung oleh team kami. 
  4. Setelah barang sampai gudang, team kami akan mengirimkan barang tersebut ke Jakarta untuk dilakukan re-packing agar barang tersebut sampai dengan aman di rumah kamu. 
  5. Barang dikirim kerumah kamu dengan layanan logistik last mile JNE
  6. Dalam semua proses pembelian, kamu akan mendapatkan 9 notifikasi detail via SMS dan Email. 
  7. Durasi pengiriman adalah 3 – 21 hari setelah barang sampai digudang kami, durasi ini adalah yang tercepat dikelasnya.

mudah bukan cara titip via titipbeliin ? semudah membeli dari eCommercnya langsung, tunggu apa lagi langsung aja bikin wishlist produk favorit kamu, mulai cari barang yang titipers mau beli dan sekalian aja jadi reseller ataupun dropshipper, Titipers bisa cari dari website rekomendasi diatas ataupun dari website manapun yang titipers ingin pesan, yuk belanja titipers.