Outbreak virus corona memang luar biasa, berbagai berita lalu lalang masuk ke dalam gadget kemudian tertanam dipikiran kita seakan semua itu adalah benar adanya. Salah satu yang narasi yang menarik adalh berita tentang penyebaran virus corona yang dapat menggunakan media barang impor dari China, narasi ini diperkuat dengan sebuah foto dimana terdapat beberapa petugas yang menggunakan pakaian lengkap standar keamanan medis berawarna biru, Berita ini beredar dan membuat banyak industri terutama ekspor impor kewalahan untuk memberikan pernyataan tentang hal ini, apakah berita ini fakta  atau hoax ?

Narasi ini pertama kali dibuat sekitar bulan Januari 2020 dimana tentunya ini beredar semakin luas dimasyarakat setelah kasus virus corona mendadak naik kembali, apapun tujuan netizen dalan menyebarkan ini tentunya membuat orang yang membaca akan merasa resah dan gelisah karena memang media penyebaran virus corona bisa berupa apapun termasuk benda.

Faktanya !!!

Dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, DirJen P2P Achmad Yurianto, menjelaskan bahwa kemungkinan penyebaran virus Corona Covid-19 melalui barang sangatlah rendah. “Virus itu sama persis dengan benalu di pohon. Benalu tidak akan hidup di pohon yang mati, (virus) butuh sel hidup. Terkait dengan barang-barang, tentu bukan sel hidup kan, sehingga (virus) akan mati. Karenanya, sangat tidak mungkin jika (virus) menular melalui barang maupun pakaian,” kata Yuri pada 27 Januari 2020.

Pernyataan yang serupa juga dikeluarkan oleh WHO (bit.lyWHO_TB_CoronaVirus)  “Meskipun virus dapat bertahan selama beberapa jam dipermukaan tetapi tidak mungkin virus bertahan setelah dipindahkan dan terpapar kondisi lingkungan yang berbeda”. Artinya kalaupun ada virus yang menempel pada benda-benda yang di impor dari luar negeri masuk ke Indonesia tentunya virus tersebut akan mati terlebih dahulu saat dalam perjalanan dari negara tersebut menuju Indonesia karena adanya perbedaan iklim dan waktu pengiriman yang cukup lama jika dibandingkan dengan usia virus tersebut bertahan hidup.

Barang Impor Tidak Menularkan Virus Corona

Barang Impor jadi Media Penyebaran Virus Corona Adalah HOAX

Jadi kamu ga usah khawatir karena tetap aman pakai barang impor dari negara manapun termasuk china untuk kebutuhan sehari hari, karena menurut WHO dan Kementrian Kesehatan virus hanya dapat bertahan beberapa jam saja semenjak muncul dipermukaan sehingga sangat sulit untuk barang impor menjadi media dari penularan virus corona. Adapun untuk mencegah penyebaran virus corona kita harus mempunyai pola hidup sehat dan jaga kebersihan. Stay safe titipers !