Harga Kucing American Shorthair

Harga Kucing American Shorthair, Karakteristik dan Perawatannya

Kamu pecinta kucing, dan ingin tahu harga kucing American shorthair yang dikenal dengan bulu pendeknya? Yuk, intip informasi seputar kucing jenis Shorthair berikut ini, beserta sejarah, karakteristik, hingga jenis perawatannya.

Pasalnya, di dunia ini tidak hanya kucing Persia dan Anggora saja, yang menjadi kucing paling diminati. Karena masih ada jenis-jenis kucing lainnya, yang lucu, unik, dan menggemaskan yang perlu kamu tahu, beserta keunggulannya.

Mengenal Kucing American Shorthair

Mengenal Kucing American Shorthair
source: kucingklik.com

Tidak seperti Anggora yang punya bulu lebat dan panjang, kucing American Shorthair ini berbulu pendek, yang berasal dari Amerika. Kucing ini memiliki penampilan yang menarik, dan memiliki kepribadian yang sangat manis dan penyayang.

Karena penyayang, maka tak heran jika kucing ini bisa dijadikan peliharaan, atau teman hidup di dalam sebuah keluarga. Sekilas, kucing ini memiliki ciri fisik tubuh yang kekar dan naluri berburunya yang sangat alamiah.

Baca Juga: Vitamin Kucing yang Bagus untuk Bulu Lebat dan Gemuk

Selain bentuk tubuhnya, motif bulu kucingnya juga sangat variatif, dan semua terlihat menarik dan unik. Awalnya, kucing ini memang dipelihara sebagai kucing pemburu yang memiliki tugas utama, dalam membasmi hama dan hewan pengerat seperti tikus. Meski begitu, kucing ini memiliki tingkah yang manis, dan dikenal sangat setia kepada majikannya.

Sejarah Kucing American Shorthair

Jika dicari tahu terkait sejarah kapan kucing ini masuk Amerika, maka tidak ada catatan yang valid. Karena kucing jenis ini, awalnya dibawa oleh para pedagang Eropa di kapal-kapal dagang mereka, dan kucing ini dibawa untuk ditugaskan sebagai “petugas” pengendalian hama tikus, yang kerap merugikan para pedagang.

Karena tidak ada data valid untuk kapan pertama kali kucing ini masuk, namun, bisa dipastikan bahwa kucing ini sudah ada ketika deklarasi kemerdekaan Amerika ditandatangani pada tanggal 4 Juli 1776 di Philadelphia.

Nah, pada sekitar tahun 1800-an, kucing American Shorthair pun akhirnya diakui, dalam daftar organisasi kucing, yang dibentuk pertama kali di Amerika pada waktu itu.

Kucing American Shorthair pertama yang diterima atau terdaftar pada waktu itu, adalah kucing tabby berwarna oranye jantan, bernama Belle. Meski pendatang, Beller tetap masih diakui sebagai jenis American Shorthair yang diimpor dari Inggris.

Tidak sampai di situ, akhirnya kucing American Shorthair yang pertama dan benar-benar dilahirkan di Amerika adalah kucing yang bernama Buster Brown.

Meski sudah resmi memiliki kucing Amerika Shorthair asli, penduduk setempat ternyata lebih memilih jenis kucing lain untuk dijadikan peliharaan, seperti anggora dan persia. Sehingga ras American Shorthair menjadi luntur.

Dilakukan Persilangan American Shorthair dengan Persia

American Shorthair dengan Persia

Tidak menyerah sampai disitu, persilangan antara kucing American Shorthair dan Persia pun mulai dilakukan, dan diharapkan bisa menghasilkan jenis kucing yang lebih mewah.

Namun, hasilnya diluar dugaan, karena penampilan kucing lebih mirip dengan Persia, dan akhirnya memunculkan kekecewaan bagi beberapa peternak kucing yang selalu menjaga kemurnian keturunan kucing American Shorthair.

Dari situ, para peternak akan diskualifikasi untuk kucing yang tidak memiliki keturunan darah murni American Shorthair di proses pendaftaran dan juga festival atau pertunjukan kucing.

Akhirnya nama kucing American Shorthair secara resmi didaftarkan dan juga diperkenalkan sebagai jenis kucing pada tahun 1965. Kucing American Shorthair yang pertama kali dapat pengakuan adalah kucing bernama Shawnee Trademark.

Karakteristik Kucing American Shorthair

  • Berat: 3-7 kg
  • Warna bulu: Tortoiseshell, putih, biru, hitam, cream, merah, perak, emas, cokelat, cameo, blue cream
  • Motif bulu: Solid, tortoiseshell, bicolor, calico, tabby, smoke, shaded, marble
  • Warna mata: Odd-eye, emas, kuning, tembaga, hijau, biru
  • Rentang usia: 15-20 tahun
  • Perawatan: rendah (karena bulunya pendek dan gak gampang sakit)
  • Sifat: Penyayang, aktif, cerdas, adaptif, dan sosial
  • Pengakuan: CFA, TICA, AACE, ACFA, CAA, CCA, AFC
  • Ciri fisik: Mata bulat, ukuran tubuh sedang dan agak berotot, bertulang tebal serta tenaga yang kuat. Ukuran telinga sedang, ukuran kepalanya cukup besar, pipi terlihat penuh, hidung panjang dan sedang (tidak pesek). Ekor sedang hingga panjang dan tumpul, bulu pendek, tebal, agak kaku jika dipegang.

Ada beberapa faktor yang membuat kucing jenis ini cukup mahal, meski masih ada jenis kucing yang lebih mahal lagi, bahkan hingga ratusan juta. Namun, bagi pecinta kucing, apapun akan dilakukan demi hidup berdampingan dengan kucing yang disayangi.

Jika kucing Persia dikenal dengan hidungnya yang pesek, dan anggora terkenal dengan bulu yang panjang lembut semampai, maka American Shorthair dikenal dengan badan gendut dan bulu yang pendek seperti karpet.

Kucing Jenis American Shorthair Mirip Tokoh Garfield

Karakteristik Kucing American Shorthair

Jika disamakan dengan tokoh, mungkin kucing American Shorthair ini bisa dimiripkan dengan tokoh kucing Garfield, yang disebut berasal dari jenis British Shorthair. Tokoh kucing yang satu ini, memang sangat menggemaskan meski tidak memiliki bulu panjang dan hidung pesek.

Dengan badannya yang gemuk, berotot, bulu pendek berwarna orange, kucing ini berhasil menarik perhatian, karena tingkahnya yang lucu. Maka tak heran, jika kucing ini termasuk ke dalam salah satu jenis kucing termahal, terutama di Indonesia.

Harga Kucing American Shorthair

Untuk harga kucing American Shorthair dibanderol dengan harga kisaran Rp12.000.000 – Rp21.000.000. Namun, harga juga bisa disesuaikan dengan usia kucing, warna hingga motif bulu yang dimiliki. Berikut beberapa harga kucing American Shorthair, yang mungkin bisa dijadikan patokan.

  • Jenis American Shorthair – Umur 6 bulan (Betina): Rp2.500.000
  • Kucing American Shorthair Motif Silver Tabby – Umur 2,5 bulan (Jantan): Rp5.000.000
  • Kucing American Shorthair Silver Tabby Marble – Umur 5 bulan (Betina): Rp8.000.000

Untuk harga kucing American Shorthair betina anakan tahun 2020 lalu, rata-rata dibanderol dengan harga Rp3,9 jutaan per ekor. Jika kualitasnya bagus, anak kucing jenis American Shorthair ini juga ada yang menjualnya dengan harga Rp6,5 jutaan per ekor.

Di tahun 2021, harga kucing jenis American Shorthair memiliki patokan khusus yakni sebagai berikut:

  • Kucing American Shorthair Kitten – 2,5 bulan: Rp 1.300.000
  • American Shorthair Betina – 3 bulan: Rp 2.000.000
  • American Shorthair Jantan – 5 bulan: Rp 1.400.000

Kisaran harga American Shorthair dari cattery resmi di luar negeri adalah mulai dari US$600-$1200 atau sekitar Rp8,8 juta – Rp17,7 juta, per ekor.

Namun, kamu juga bisa beli kucing American Shorthair impor dari breeder tidak populer, dengan harga sekitar US$500-$800 atau sekitar Rp7,3 juta – Rp11,8 juta, jika dirupiahkan.

Bagaimana, tertarik memiliki kucing gemes dan ceria ini? Jangan asal beli, karena kamu juga harus perhatikan perawatannya, yakni sebagai berikut. Sayang bukan, jika kamu sudah mahal-mahal beli kucing, tapi tak terurus karena kamu tidak mengerti bagaimana cara merawatnya.

Perawatan Kucing American Shorthair

Kucing ini termasuk kucing kuat sehingga tidak mudah sakit, sehingga tidak memerlukan perawatan kucing yang khusus dan rumit. Meski bulunya pendek, namun tetap harus rutin disisir.

Kamu hanya perlu melakukan perawatan standar, seperti membersihkan kotoran mata, potong kuku, mandi, gosok gigi, bersihkan telinga, kutu dan lainnya.

Baca Juga: Cara Riset Barang yang Akan Trend di Indonesia, Terlengkap!

Perhatikan juga kebersihan kandang, karena kesehatan kucing tidak hanya datang dari makanan, tapi juga dari lingkungan. Jika lingkungan dan gaya hidupnya bersih, maka kucing apapun senantiasa akan betah dan sehat.

Tidak hanya itu, kesehatan mental kucing juga harus diperhatikan, karena kucing juga bisa stres karena berbagai macam hal. Kamu bisa ajak kucing bermain, berbicara, jalan-jalan ke luar rumah, membelikannya mainan, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk membeli segala hal-hal yang dibutuhkan kucing, terlebih yang berasal dari luar negeri, maka kamu bisa beli keperluan tersebut juga secara impor. Karena, beberapa kebutuhan kucing belum banyak tersedia di Indonesia.

Beli Kebutuhan Kucing Impor via Titipbeliin.com Mudah dan Murah

Contohnya seperti makanan khusus, vitamin, obat, sampo, sabun, dan lainnya. Meskipun beberapa hal bisa ditemukan di Indonesia, namun harganya mungkin akan lebih mahal. Akan tetapi untuk produk-produk unggulan, kamu bisa pilih merek-merek impor karena bisa lebih berkualitas.

Pernah cari kebutuhan kucing, tapi sulit dicari di Indonesia? Beli impor saja via Titipbeliin.com! Karena kamu bisa temukan banyak produk keperluan kucing yang berkualitas dengan harga yang lebih murah.

Mengapa harus di Titipbeliin.com? Karena proses pemesanannya lebih mudah, praktis, bisa bayar pakai rupiah, tidak perlu membuat ID untuk alamat luar negeri, pajak sudah sekaligus diurus, hingga proses pengirimannya pun, akan dibantu oleh tim Titipbeliin.com.

Kamu hanya perlu cari produk yang kamu mau melalui situs Titipbeliin.com, dan estimasi harga produk dan ongkos kirim, akan tertera di sana. Intinya, selama produk bisa dibeli melalui online di marketplace manapun, Titipbeliin.com bisa bantu kamu untuk mendapatkan produk yang diinginkan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.