Cara Cari Barang Murah Untuk Dijual

Cara Cari Barang Murah Untuk Dijual yang Untungnya Besar

Kamu pebisnis baru, dan sedang bingung cari barang murah untuk dijual? Tenang! Sebagai pemula kamu juga wajib hati-hati dalam memilih barang, dan jangan asal beli apalagi langsung banyak.

Lantas bagaimana cara cari barang murah untuk dijual, yang best seller, hype dan lainnya? Kamu bisa gunakan berbagai cara, dan juga bisa menemukan barang murah baik dari dalam negeri hingga dari luar negeri sekalipun.

Jual Produk Best Seller atau yang Banyak Dicari

Selain murah, kamu juga harus bisa mengetahui barang apa yang sekiranya sedang banyak dicari orang. Pasalnya, percuma jika seorang penjual atau bahkan reseller menemukan barang murah, namun barang tersebut tidak dicari atau tidak begitu dibutuhkan banyak orang.

Baca ini buat kamu yang ingin tau Cara Bisnis Impor Modal Kecil Cuannya Gokil!

Karena, hal pertama kali yang harus kamu lakukan sebelum cari barang murah untuk dijual adalah meriset produk dan target pasar. Nah, buat kamu yang belum tahu cara riset produk yang sedang hype, bisa gunakan cara berikut ini:

5 Cara Riset Produk Hype

Google Trends

Google Trends Cari Barang Murah

Cara riset barang yang pertama bisa menggunakan Google Trends. Kamu bisa gunakan tools ini secara gratis, dan bisa digunakan dimanapun, dan caranya juga mudah.

Pertama, buka laman Google Trend, lalu masukan kata kunci yang ingin dicari. Misalnya jas hujan karena saat ini sedang musim hujan.

Setelah itu, isi kotak pencarian dengan kata kunci “Jas Hujan Terbaik”. Jangan lupa ubah lokasi pencarian menjadi Indonesia serta waktu pencarian yang sesuai kebutuhan.

Survei Produk di Marketplace

Survei Produk di Marketplace

Cara riset barang yang selanjutnya bisa dengan survei di marketplace. Terlebih, masing-masing marketplace, umumnya memiliki informasi terkait produk paling laris (best seller).

Produk akan tersaring, dan biasanya yang sudah terjual lebih dari 400 produk, dalam kurun waktu 1 hingga 2 minggu termasuk kategori laris.

Riset Keyword di Google

Riset Keyword Cari Barang Murah

Berbeda dengan Google Trends, kamu juga bisa riset barang menggunakan fasilitas Google Keyword Planner, untuk bisa mendapatkan data yang lebih akurat.

Kamu, bisa dapatkan informasi mengenai berapa banyak orang yang mencari kategori produk, yang hendak kamu cari atau bahkan jual dalam kurun waktu tertentu.

  • Menggunakan Kuesioner
Menggunakan Kuesioner

Cara riset barang yang umum digunakan, bisa juga pakai kuesioner. Cara ini, bisa kamu buat secara detail di Google Form, atau untuk yang lebih praktisnya menggunakan fitur “Jajakan Pertanyaan” atau “Polling” pada media sosial Instagram.

Mengacu pada Review Produk

Mengacu pada Review Produk

Cara selanjutnya dengan melihat review barang terbaik, namun tidak melulu lihat review di Marketplace, kamu juga bisa cek review produk di Youtube, artikel, blog, atau situs perbandingan produk.

Bahkan, review produk juga banyak tersedia di media sosial. Terlebih, informasi dari para pembeli sebelumnya, biasanya akan lebih jujur.

Gunakan Tool Riset Berbayar

Gunakan Tool Riset Berbayar

Ada banyak tool layanan riset produk di Indonesia yang Anda gunakan & pilih sendiri, diantaranya Mr.Hands, Dropshipkit, Risetic, dan Dimia. Dengan tools tersebut, kamu bisa cari produk yang sedang hype pada waktu tertentu, hingga di lokasi tertentu.

Setelah kamu tahu jenis barang apa yang sedang best seller, atau banyak dicari orang di saat tertentu, misalnya seperti sandal jelly, atau baju hangat, selanjutnya kamu bisa langsung cari barang murah untuk dijual.

Apalagi jika memang mau membeli dalam jumlah banyak. Ada banyak sistem yang bisa dilakukan, untuk mendapatkan barang murah, begini caranya:

Cara Cari Barang Murah untuk Dijual

1. Volume Purchasing (Langsung Beli Skala Besar)

Pembelian Barang Murah Skala Besar

Cara cari barang murah untuk dijual yang pertama adalah dengan cara volume purchasing atau langsung beli banyak. Pasalnya, memang ada cara yang bisa membuat harga beli menjadi lebih murah, yakni dengan membeli langsung dalam jumlah besar.

Biasanya, seorang reseller selalu membeli dalam jumlah banyak kepada supplier atau distributor. Jika reseller pemula, mungkin bisa dicoba dengan membeli satu lusin atau beberapa lusin terlebih dahulu.

Kebanyakan para reseller tersebut dalam membeli produk selalu dengan jumlah yang sangat banyak kepada distributornya. Karena ada hal positif yang bisa diambil, dengan membeli banyak barang sekaligus, yakni bisa mendapatkan potongan khusus dari distributornya.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan harga barang lebih murah, dan bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Sehingga, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

2. Loss Leader Pricing (Jual Rugi)

Jual Rugi Barang

Cari barang murah untuk dijual yang kedua adalah dengan sistem los leader pricing atau biasa disebut jual rugi. Kok malah rugi? Hal tersebut dilakukan karena tidak semua produk yang dijual oleh reseller, menghasilkan keuntungan.

Tidak semua barang akan dijual rugi, karena terkadang untuk produk-produk tertentu yang mereka sediakan, memang dijual dengan harga yang sama dengan harga modal, bahkan bisa lebih murah lagi.

Hal ini sebenarnya hanya salah satu dari strategi marketing, di mana dari ketertarikan konsumen akan produk murah tadi, mereka akan melihat-lihat produk lain yang masih mempunyai margin keuntungan.

Nah, jika konsumen tertarik dan membeli produk yang masih memiliki margin tersebut, justru akan sangat membantu menutupi produk yang dijual rugi sebelumya.

3. Barang Kolongan Pabrik/Reject

Barang Kolongan Pabrik

Masih ada cara cari barang murah untuk dijual selanjutnya, yang bisa kamu lakukan, yakni cari barang reject. Jika kamu sering dengan atau bahkan beli barang reject, mungkin sudah tahu spesifikasinya, di mana barang tersebut merupakan barang yang tidak lolos proses Quality Control.

Barang yang disebut reject, biasanya karena terdapat masalah, seperti robek, bernoda, dan lainnya. Namun, biasanya barang reject akan diberikan tanda berupa tag disilang, dirobek ataupun dipotong.

Namun, jangan asal beli barang reject karena ada banyak penjual produk reject dengan jalur yang tidak resmi. Sehingga, kamu harus mulai waspada dan sebaiknya beli barang kolongan pabrik, yang memang bekerjasama untuk menjual kembali barang reject ketimbang dibuang.

4. Barang Diskonan Store

cari barang murah diskonan

Kamu sering lihat barang diskonan store yang besar banget, sampai 70%? Itu juga bisa kamu jadikan cara cari barang murah untuk dijual kembali loh.

Jadi kalau kamu lihat diskon, jangan lapar mata untuk diri sendiri dulu, karena hal tersebut bisa jadi sumber cuan bagi para pebisnis.

Dengan barang diskon tadi, kamu bisa jual dengan harga normal atau dengan harga jika barang diskon tersebut dapatkan potongan 50%.

5. Barang “Kompo”/Barang yang Materialnya Mirip Merk Asli

barang kompo miirp asli

Selanjutnya ada cara cari barang murah untuk dijual yakni dengan beli barang kompo. Meski bukan berasal dari merk asli, namun barang kompo ini diklaim terbuat dengan material yang diklaim asli dari pabriknya.

Lalu, biasanya produk kompo tersebut dirakit di home industry, diluar pabrik pembuat produk merk tertentu. Sehingga, seringnya barang ini disebut KW, meski materialnya sama dengan yang asli.

6. Barang KW/Tiruan

barang kw atau tiruan murah

Cara cari barang murah untuk dijual yang terakhir adalah cari barang KW. Meski KW atau tiruan, barang ini ternyata memiliki pasar yang banyak.

Namun, kamu tidak harus membeli barang KW yang benar-benar tiruan, karena kamu bisa membeli barang dengan model yang sama, namun tidak menggunakan merk terkenal yang ada.

Cari Barang Murah untuk Dijual Impor dari China

Memangnya ada ya? Tentu! Untuk model cari barang seperti ini, biasanya kamu harus impor dari luar negeri, khususnya dari China.

Karena, China memiliki banyak supplier barang tiruan dengan merk berbeda, yang kualitasnya bagus dan harganya murah.

Baca ini Langkah Awal Jadi Pengusaha Impor dengan Supplier dari China

Kamu bisa beli melalui marketplace Taobao, karena di sana kamu bisa menemukan banyak produk fashion berkualitas, mulai dari tas, sepatu, sandal jelly, baju, dan masih banyak lagi.

Marketplace China yang satu ini juga bisa membeli dengan sistem eceran maupun grosiran. Sehingga, kamu bisa coba beli sedikit dulu untuk sampel, jika barangnya sesuai dengan keinginanmu, selanjutnya bisa beli dalam jumlah besar.

Beli Barang dari China via Titipbeliin Mudah & Untung

Jangan khawatir dan takut untuk membeli barang impor, karena jika kamu masih pemula, kamu bisa menggunakan layanan jasa importir seperti Titipbeliin.com.

Di sana bahkan kamu bisa membeli produk China lainnya yang murah dan berkualitas, dan cocok untuk dijadikan bisnis dan dijual kembali.

Dengan membeli melalui Titipbeliin.com yang aman dan legal ini, cari barang murah untuk dijual akan lebih mudah. Pasalnya, kamu juga akan dibantu oleh tim Titipbeliin.com di semua prosesnya, mulai dari pemesanan, pembayaran, urus pajak, hingga pengiriman.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.