Jastip dan Kpop

Bisnis Jastip menjadi digandrungi karena dapat menghasilkan cuan bagi travelers yang sedang traveling keluar negeri. Hal ini mendisrupsi pandangan dimana hanya orang tertentu atau orang dengan modal besar yang bisa menyentuh barang-barang dari luar negeri. Ditambah dengan industri luar negeri yang lebih berkembang membuat ketertarikan masyarakat dalam membeli barang dari luar negeri menjadi meningkat. Contohnya pada industri hiburan Korea Selatan yang sedang ramai di Indonesia. Jika kamu adalah Kpopers yang ingin nonton langsung idola kamu di luar negeri kamu bisa mempraktekkan jasa ini pada saat kamu ada di sana. Jasa Jastip kabarnya membebankan tarif jastip sebesar 10-15% dari harga barang (diluar ongkos kirim). Namun ada juga yang memberikan harga flat. Dari situ kamu bisa bayangkan berapa Cuan yang akan kamu dapat. Minimal ongkos kamu traveling sudah terpenuhi dari keuntungan ini. Namun dalam keadaan pandemi seperti ini model usaha harus sedikit perlu diubah untuk menyesuaikan keadaan.

Jika dilihat dari segi peluangnya, dikutip dari CNN Indonesia yang menyatakan bahwa dalam pandemi penjualan album Kpop justru naik 40% dari 12,33 juta keping album dibandingkan tahun lalu yang sekitar 18,08 juta. Dari situ terlihat bahwa bisnis Merch Kpop ini sedang bergerak ke arah yang menjanjikan. Jadi yuk coba kita pelajari tipe-tipe jastip agar kita bisa lihat apa yang bisa kita tweak untuk menjalani Bisnis jastip di era pandemi ini.

Tipe-tipe Jastip

Bisnis Jastip sendiri adalah aktivitas titip beliin barang dari suatu tempat tertentu, bisa dari dalam maupun luar negeri. Biasanya kegiatan jastip dilakukan oleh para Travelers yang sedang atau ingin traveling, kemudian ditengah tengah prosesnya terjadilah penawaran jasa titip. Namun karena dalam keadaan pandemi saat ini travelers akan kesulitan untuk berpergian keluar negeri. Pertama kita pahami dulu dua tipe praktik bisnis jastip yaitu dengan cara personal seller dan direct shipping.

1.Personal Seller

Seperti yang dijelaskan di awal mengenai Travelers, Personal Seller adalah seorang pebisnis jastip yang sedang ada di luar negeri lalu membelikan barang yang kemudian dibawa kembali ke Indonesia. Tidak berhenti sampai disitu, kamu juga harus mengirimkan titipan kamu menuju alamat pembeli di Indonesia.

2.Direct Shipping

Direct Shipping adalah kegiatan jastip dengan menggunakan third party. disini kamu tidak perlu membawa pulang barang titipan bersama kamu karena sudah telah tersedianya pengiriman ke Indonesia dari tempat belanja kamu atau kamu bisa gunakan jasa pengiriman internasional yang ada di luar negeri.

Kedua metode tersebut mempunyai kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Personal Seller dapat menawarkan harga yang lebih murah karena dapat memangkas ongkos kirim internasional namun terkendala batasan bagasi dan biaya akomodasi yang besar. Contohnya pada saat ini penerbangan ke Korea Selatan saat ini sedang dibatasi, jika kita asumsikan dengan biaya akomodasi yang tinggi sebesar 8 juta dan kamu mengambil untung 10% dari harga barang yang senilai Rp.500.000, kamu akan membutuhkan setidaknya kamu membutuhkan 180 pesanan. Untuk pesanan yang sebanyak itu sepertinya kurang efektif di masa pandemi saat ini.

Lalu Direct Shipping metode yang praktis yang bahkan jika store tujuan kamu memiliki toko online kamu bisa saja lakukan jastip dari rumah, namun jangan lupa ada biaya pengiriman serta pajak Bea Cukai yang perlu kamu urus. Kurang lebih perhitungannya seperti ilustrasi di bawah jika kamu mau beli album kpop dari website di korea langsung, yang jika ditotal yang harus kamu bayarkan sekitar Rp.461,940,71 dari Total Transaksi + Pajak yang harus dibayarkan.

Jastip Dalam Era Pandemi

Dalam masa pandemi metode personal seller akan sedikit kesulitan dalam menjalankan praktik bisnisnya. Walaupun begitu jika penerbangan sudah kembali normal kamu harus perhatikan peraturan yang berlaku yang tertera pada PMK nomor 199/PMK.10/2019. Kemudian untuk metode Direct Shipping kamu bisa gunakan jasa pengiriman yang dapat mengirimkan pesanan kamu dari Korea sampai kerumah kamu langsung. Untuk Direct Shipping pengiriman ke Indonesia dari salah satu marketplace korea ktown4u.com saat ini kabarnya sedang mengalami delay dalam pengiriman karena adanya pandemi. Ditambah kamu harus memiliki Mastercard atau metode pembayaran lainnya yang tentunya tidak semua orang memilikinya.

Saat ini kabarnya ktown4u.com sedang mengalami delay dalam pengiriman karena adanya pandemi. Ditambah kamu harus memiliki Mastercard atau metode pembayaran lainnya yang tentunya tidak semua orang memilikinya.

Dari semua kendala diatas solusi untuk bisnis jastip saat ini adalah menggunakan jasa yang dapat membantu kamu dalam menjalankan bisnis ini. salah satunya dengan titipbeliin.com. titipbeliin.com adalah platform end to end yang membantu kamu beli, bayar dan kirim barang titipan kamu dari semua situs e-commerce Amerika, Tiongkok, Singapura, hingga sampai kerumah kamu dengan cepat, murah dan transparan. Dalam layanan end to end titipbeliin.com kamu tinggal terima beres! semua dikerjakan oleh tim titipbeliin.com, kamu hanya bayar dan barang kamu akan sampai lebih cepat dari pengiriman lainya, berbagai urusan pajak dan administrasi dikerjakan oleh team titipbeliin.com.

Cara Jastip via Titipbeliin

Berhubung lambatnya pengiriman dari korea yang masih terganggu titipbeliin masih beroperasi dalam melayani pesanan kamu dari korea. Dengan waktu pengiriman selama pandemi 12-20, sedangkan pengiriman normalnya adalah 5-10. Tentunya sebagai solusi bisnis jastip kamu, kamu bisa dapat harga yang lebih murah dari pada beli di e-commercenya langsung.

  1. Kunjungi website Favorit Kamu

    Kamu bisa kunjungi website di bawah sebagai rekomendasi tempat belanja barang barang kpop favorit kamu :

    ktown4u.co.kr
    menjual segala perlengkapan Kpop dan tersedia di Korea China Amerika dan Jepang.
    ——-
    global.gmarket.co.kr
    tidak cuma Kpop disini kamu bisa mencari kebutuhan lain yang dapat kamu tawarkan kepada customer kamu. Untuk tutorial belanja melalui Gmarket kamu bisa lihat disini.
    ——-
    aladin.co.kr
    Menjual segala kebutuhan Kpop secondhand yang masih memiliki kualitas yang baik dengan harga yang tentunya lebih murah.

  2. Pastikan harga adalah harga total

    Karena barang kamu harus dikirim menuju tempat pengiriman internasional, kamu harus mencari tahu apakah harga sudah termasuk harga total atau tidak. kamu bisa melakukan proses pembelian sampai rincian belanja kamu terlihat jelas, sehingga kamu bisa menghindari biaya tambahan pada saat nitip di titipbeliin.com

  3. Masukan detail titipan di titipbeliin.com

    Jika kamu beli langsung melalui pengiriman yang disediakan marketplace Korea kamu akan mendapatkan total Rp.461,940,71. sedangkan dengan titipbeliin kamu akan mendapat harga kurang lebih Rp 355.051,43 tentu lebih cuan kan 😀

  4. Pilih metode pembayaran dengan Rupiah

    Pembayaran mudah tanpa ribet, kamu bisa bayar dengan Rupiah menggunakan banyak varian pembayaran memudahkan kamu dalam melakukan transaksi.

  5. Tunggu pesanan sampai ke rumah

    Tunggu pesanan kamu sampai ke rumah dengan notifikasi via SMS dan E-Mail

Jadi dalam masa pandemi ini justru bisnis jastip bisa berjalan lebih efektif. dengan mengubah sedikit model jastip travel ke model yang sedikit mirip dengan dropshipper, kamu bisa menghemat kurang lebih Rp.100.000 lebih dari pemesanan produk yang sama yaitu EXO-SC-Album Vol.1 dengan titipbeliin.com, kamu bisa menerapkan cara diatas agar bisa mendapatkan hasil yang lebih murah. Jangan lupa ikuti informasi mengenai impor dan jastip di media sosial kita di bawah ya, happy jastip titipers !

F.A.Q

Jastip itu apa ?

Bisnis Jastip yang merupakan aktivitas titip beliin barang dari suatu tempat tertentu, bisa dari dalam maupun luar negeri. Biasanya kegiatan jastip dilakukan oleh para travelers yang sedang atau ingin traveling.

Tarif Jastip ?

Tarif jastip pada umumnya ada dua, Pertama melalui persentase dari harga barang atau dengan flat rate.

Keuntungan Jastip

Jastip mendisrupsi pandangan dimana hanya orang tertentu atau orang dengan modal besar yang bisa menyentuh barang-barang dari luar negeri. untuk masa pandemi ini Jastip Online Jadi salah satu solusi dalam menjalankan bisnis ini.

Jastip Online

Jastip online adalah jasa titip barang dari luar negeri menggunakan platform yang bisa mengirimkan pesanan tanpa harus keluar negeri.