Soft Skill Penting di 2021

7 Soft Skill Penting di 2021 saat Masuk Dunia Kerja

Pintar dan bermateri saja tidak cukup untuk menjadi pribadi yang terbaik, karena deretan soft skill penting di 2021 ini wajib kamu miliki, terlebih ketika kamu akan memasuki dunia kerja.

Pasalnya, pesaingmu bukan hanya para pekerja lulusan terbaik, di universitas ternama saja. Tetapi, mereka yang memiliki banyak soft skill tanpa sekolah pun, juga bisa menjadi saingan terberatmu.

Jadi jangan sia-siakan masa emasmu, untuk selalu gali potensi diri dan soft skill penting di 2021. Bahkan, beberapa perusahaan juga akan melihat para calon karyawannya dari segi soft skill, selain kepintaran, pengalaman, dan sikap.

Namun, sebagai calon karyawan atau karyawan yang baik, perlu juga untuk bisa membedakan hard skill dengan soft skill. Karena keduanya adalah sesuatu yang berbeda, sehingga kamu bisa mengetahui apa saja kriteria yang sering dicari perusahaan-perusahaan.

Perbedaan Hard Skill dan Soft Skill

Perlu kamu ketahui juga bahwa soft skill berbeda dengan hard skill. Pasalnya, di dunia kerja ada banyak lowongan yang mendeskripsikan kriteria dari beberapa skill yang wajib dimiliki calon kandidatnya.

Sama-sama penting, hard skill dan soft skill memang wajib dimiliki, terlebih dalam membangun kesuksesan masa depan, hingga ketika kamu melakoni pekerjaan serta untuk meningkatkan jenjang karir.

Untuk hard skill sendiri, merupakan keahlian yang memang harus dimiliki terkait pekerjaan yang akan ditekuni. Skill ini biasanya didapatkan dari proses pembelajaran secara formal di dunia pendidikan sekolah, kampus, atau training.

Baca Juga: Cara Menjadi Reseller Modal Kecil Untung Berlipat

Misalnya, seorang staf IT, tentu harus hard skill atau keahlian dalam mengatasi masalah pada software maupun hardware komputer. Lalu, para akuntan pasti harus mengerti dan memahami, membuat, merangkum, dan mengecek neraca perdagangan di sebuah perusahaan.

Nah, untuk soft skill merupakan keahlian yang dikaitkan dengan cara berkomunikasi atau sifat bawaan. Soft skill juga terdapat di bagian diri seseorang, di mana soft skill ini juga tidak bisa dipelajari secara formal.

Lantas, kira-kira apa saja soft skill penting di 2021 yang harus dimiliki? Yuk, simak di sini, agar kamu bisa menyiapkan dan masih ada waktu untuk menggali potensi tersebut.

Daftar Soft Skill Penting di 2021

1. Public Speaking

Public Speaking soft skill

Soft skill penting di 2021 yang pertama adalah public speaking. Keahlian berbicara di depan umum atau khalayak ramai, memang menjadi skill yang banyak diinginkan orang-orang.

Pasalnya, tidak semua orang bisa dengan tenang, lancar, dan jelas, ketika berbicara di depan umum. Kebanyakan dari mereka yang tidak bisa public speaking, umumnya dikarenakan malu, tidak percaya diri, gugup, panik, hingga fobia.

Meskipun, di tahun 2021 ini kegiatan kebanyakan dilakukan via online, namun public speaking tetap menjadi soft skill yang penting dan harus dimiliki para karyawan di dunia kerja. Karena, berbicara di depan khalayak secara langsung dan di depan layar Zoom atau Google Meeting, juga dibutuhkan skill public speaking yang bagus.

Terlebih, karena dipisahkan dengan layar, maka cara public speaking kamu juga harus bagus, agar responden bisa memahami dan mengerti apa yang kamu sampaikan.

2. Skill Komunikasi

Skill Komunikasi Penting

Hampir sama dengan public speaking, soft skill penting di 2021 yang juga harus dimiliki adalah skill komunikasi. Jika public speaking adalah sebuah keahlian agar kita bisa untuk berbicara dengan baik di khalayak ramai, namun untuk skill komunikasi tidak harus di khalayak ramai.

Skill komunikasi bisa digunakan ketika kita berbicara dengan satu orang lawan bicara, seperti ketika kamu berbicara ke customer, bos, HRD, bahkan hingga rekan sendiri. Skill komunikasi ini, biasanya harus dimiliki seseorang jika ia bekerja di bidang pelayanan, seperti customer service, sales, konsultan, pengacara, public relation, dan lainnya.

Soft skill ini penting, terlebih untuk membangun branding diri, hingga perusahaan tempatmu bekerja. Di mana kamu bisa menyampaikan informasi dengan baik, jelas, lengkap, dan juga menarik.

3. Negosiasi

Negosiasi Soft Skill Penting

Saat ini, sangat banyak jenis pekerjaan yang menuntut kamu untuk memiliki soft skill negosiasi. Sebut saja seperti sales, tim marketing, customer service, dan lainnya.

Menjadi soft skill penting di 2021, kemampuan negosiasi akan membantu kamu dalam melakukan segala pertimbangan-pertimbangan, ketika membicarakan hal-hal seperti pedoman, ketentuan, dan hal lainnya yang memerlukan negosiasi.

Untuk meningkatkan skill ini, kamu bisa mulai dengan memahami batasan-batasan, ketika berbicara dengan lawan bicara, siap dengan segala kemungkinan penolakan-penolakan, dan mengetahui kapan kamu harus menolak, hingga mencapai kesepakatan yang tepat.

4. Analisis

Analisis Soft Skill Penting

Soft skill penting di 2021 berikutnya adalah skill analisis, di mana kamu harus bisa menyaring informasi dengan cara menganalisisnya terlebih dahulu. Karena sebaiknya, kita tidak hanya sekedar menerima informasi begitu saja. Karena, kamu harus bisa menyaringnya terlebih dahulu dengan cara menganalisa.

Kamu bisa analisis informasi dari berbagai sisi atau sudut pandang. Misalnya, dari mana informasi didapat, apa pengaruhnya untuk perusahaan, dampak, hingga apa yang harus dilakukan setelah itu.

Nah, dengan skil analisis ini, akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih cerdas. Sehingga, bisa terhindar dari informasi yang tidak benar (hoax), hingga bisa lebih mudah untuk menemukan ide baru.

5. Kritis

Kritis Soft Skill Penting

Kamu suka dengan hal-hal yang detail? Mungkin kamu berpotensi untuk menjadi seseorang yang kritis. Pasalnya, soft skill penting di 2021 ini, sangat disukai oleh perusahaan-perusahaan, seperti startup hingga pemerintahan.

Dengan sikap yang kritis, akan membuat kamu lebih luas dalam melihat segala hal, dari berbagai sudut pandang. Kamu juga lebih memiliki pendirian yang kuat, atas sikap kritis tersebut.

Jika kamu memiliki sikap dan pikiran yang kritis, biasanya kamu akan menilai sesuatu hal secara objektif, lebih mendalam, dan adil, sehingga tidak menjatuhkan pihak manapun.

Selain itu, ketika kamu merasa ada yang tidak benar, maka kamu bisa menyampaikan protes, kesan dan pesan, yang disertai dengan alasan yang tentunya jelas.

6. Kreatif dan Inovatif

Kreatif dan Inovatif

Soft skill penting di 2021 yang biasanya dimiliki anak muda ini tentunya adalah kreatif dan inovatif. Dengan ide-ide yang masih kaya dan luas, anak muda memang selalu dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif.

Terlebih, anak muda selalu memiliki rasa ingin tahu tinggi, yang kemudian akan mengarahkanmu pada pemikiran yang kreatif. Ide-ide dan inovasi sendiri, justru biasa datang ketika adanya masalah, kasus, atau hal yang bisa dijadikan inspirasi.

Sehingga, untuk bisa menemukan ide yang berlian, kamu harus bisa melihat sesuatu hal dari semua sisi, aspek, dan sumber permasalahannya. Setelah itu, kamu bisa kolaborasikan dengan ide baru yang kamu pikirkan, sehingga bisa menjadi sebuah inovasi yang sekaligus bisa mengatasi permasalahan.

Tidak cukup untuk mencari ide dari masalah, kamu juga bisa asah softskill ini dengan cara mencari informasi, dari kasus hingga referensi dari pihak lain, misalnya dari tokoh ternama, kompetitor, sosok panutan, dan lain sebagainya.

7. Skil Manajemen

Skill Manajemen Softskill

Ada banyak jenis skill manajemen yang juga harus dimiliki. Skill yang bisa masuk ke hard skill dan soft skill ini, juga bisa membantumu untuk bisa berperan lebih baik ketika terjun di dunia kerja. 

Salah satunya skill manajemen waktu, di mana kemampuan ini bisa dibentuk dari jam terbang dan juga kebiasaan. Selain manajemen waktu, manajemen keuangan, hingga manajemen bisnis, sebenarnya juga bisa menjadi skill yang baik. 

Sehingga, skill tersebut juga bisa bermanfaat untuk kehidupan pribadi kamu. Salah satunya ketika kamu ingin bangun bisnis sendiri. Keahlian manajemen waktu, keuangan, dan bisnis, bisa sangat membantu.

Baca Juga: 7 Bisnis Modal Kecil untuk Mahasiswa 2021, Cuannya Bikin Terpacu!

Untuk di manajemen keuangan dan bisnis, kamu juga bisa kembangkan keahlian dalam hal rancangan administrasi, akuntansi keuangan, laporan keluar masuk produk, pengaturan jadwal kerja, penyusutan hingga penggantian barang, dan sebagainya.

Kenapa tidak, untuk mencoba bisnis sendiri dengan memanfaatkan soft skill penting di 2021 yang telah dimiliki? Kamu bisa bangun berbagai bisnis yang cuan, di tahun 2021. Salah satunya dengan bisnis barang impor, yang cuan banget. 

Pasalnya, kamu bisa beli barang impor murah dari supplier luar negeri, dengan harga lebih rendah berkali-kali lipat, daripada harga normal di Indonesia. Kurang cuan apa? 

Yuk, Beli Barang Impor Via Titipbeliin.com untuk Bisnis!

Tapi, di mana kamu bisa dapat supplier luar negeri yang aman, dan proses yang praktis? Layanan jasa titip Titipbeliin.com bisa jadi salah satu yang bisa bantu kamu untuk dapatkan barang impor, dengan mudah. 

Melalui Titipbeliin.com, kamu bisa cari barang impor dari berbagai marketplace terbaik luar negeri, yang menjual barang impor murah berkualitas. 

Selain itu, belanja barang impor untuk bisnis menggunakan jasa Titipbeliin.com juga lebih praktis. Mengapa? Karena, kamu tidak perlu repot mengurus segala biaya-biaya, seperti pajak dan bea cukai. 

Pasalnya, titip barang impor via Titipbeliin.com bisa sekaligus mengurus terkait hal tersebut.  

Dengan cara ordernya yang mudah juga, tim Titipbeliin.com siap mencarikan barang yang kamu mau, dan akan segera memprosesnya.

Barang impor juga akan dikirim dengan dua jenis pilihan pengiriman, yakni via laut dan udara. Buat kamu yang ingin coba untuk bisnis barang impor, bisa coba membeli barang dari beberapa negara, seperti US, UK, China, dan Australia, via Titipbeliin.com.  

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.